Senin, 04 Januari 2010

APLIKASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA HOBI

Dewasa ini, bahasa Inggris menjelma menjadi bahasa yang sangat penting, dan lebih dikenla dengan bahasa internasional. Oleh karena itu, sudah menjadi tuntutan bagi kita semua untuk bisa dan mahir dalam berbahasa Inggris. Dan tanpa bisa kita tolak, apabila kita ingin bertahan dalam era globalisasi saat ini kita harus mampu berbahasa Inggris. Banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan orang-orang yang mampu berbahasa Inggris dengan baik. Jadi sebelum semuanya terlambat alangkah baiknya apabila kita mulai dari sekarang untuk belajar bahasa Inggris lebih serius lagi.
Pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang ditakuti oleh sebagian besar siswa, sama halnya dengan Matematika. Itu semua terjadi karena banyak sekali kesulitan yang mereka dapat saat belajar bahasa Inggris. Dan memang tidak mudah untuk belajar bahasa Inggris, semuanya membutuhkan tekad yang sangat kuat untuk memulainya. Tapi bagaimanapun juga kita harus tetap dan terus mencoba belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu kita dapt menyiasatinya dengan beberapa cara. Seperti dengan menggunakan metode belajar sambil bermain atau dengan mengaplikasikannya pada hobi kita masing-masing. Tapi sebelumnya selalu ingat bahwa belajar berbahasa Inggris, adalah tentang kontinuitas. Harus sering digunakan apabila kita ingin kemampuan kita bertambah. Minimal kemampuan kita dalam berbahasa Inggris tetap dan tidak lantas menurun. Tapi saya yakin dengan kontinuitas walaupun sedikit tetapi sering kita lakukan pasti kemampuan kita akan meningkat.





Mengaplikasikan belajar bahasa Inggris dengan aktivitas yang kita gemari
Semua orang pasti memiliki aktivitas yang disukai atau digemari. Aktivitas yang digemari setiap orang berbeda-beda, tergantung dari hobi mereka masing-masing. Biasanya aktivitas yang digemari tersebut akan kita lakukan sesering mungkin, setiap kita ada waktu luang atau disaat kita libur. Maka, alangkah sangat bermanfaatnya kegiatan kita apabila disisipi dengan belajar. Dan jika kita berhasil mengaplikasikannya kita pasti tidak akan merasakan jenuh atau takut, seperti belajar pada umumnya. Melainkan kita akan merasa senang dan menikmatinya.

Beberapa aktivitas yang dapat diaplikasikan untuk belajar bahasa Inggris
Beberapa aktivitas yang kita gemari dan dapat kita aplikasikan untuk belajar bahasa Inggris tidaklah sedikit. Dan sebagai contoh saya hanya akan menjelaskan beberapa aktivitas saja, yaitu mendengarkan musik, menonton film, memasak, bermain permainan serta menulis diary.
Contoh aktivitas pertama yang dapat kita ambil adalah, mendengarkan musik. Banyak orang berkata ‘ siapa sih yang ga suka dengerin musik, zaman sekarang gitu loh’. Musik menjadi teman yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang, entah disaat senang maupun susah karena ternyata musik dapat membuat perasaan kita lebih baik dari sebelumnya. Dan melihat kenyataan tersebut, kenapa tidak kita sisipkan dengan belajar. Seperi dengan mendengarkan lagu-lagu barat, atau dengan mendengarkan lagu-lagu yang mempunyai lirik bahasa Inggris. Karena tanpa kita sadari hal tersebut akan memperbanyak pembendaharaan kata-kata bahasa Inggris kita. Dan kita dapat sekaligus mendengarkan pengucapannya, walaupun kurang efektif karena mungkin sang penyanyi mengucapkannya sesuai dengan nada lagu. Tapi paling tidak kita akan terbiasa dengan mendengarkan kata-kata berbahasa Inggris tersebut. Tapi ingat, jangan sampai kita menduga-duga kata yang kita dengar, lebih baik kita cari lirik sebenarnya dari lagu tersebut agar lebih mengerti. “Dengan membaca liriknya sembari mendengar Rihanna bernyanyi Umbrella, kamu akan tau bahwa lagu itu bukan tentang Ojek Payung! Kamu bisa belajar tentang pronunciation (pengucapan) dan juga spelling (ejaan kata) sambil bernyanyi bersama artis idola”. (Tyka, 2008:3 ).
Contoh aktivitas kedua yang dapat kita ambil adalah, menonton film. Baik itu melalui televisi di rumah kita atau menonton film di bioskop. Pilihlah jenis film yang kita sukai, agar kita sendiri merasa nyaman menontonnya. Dan pastikan film berbahasa Inggris yang kita tonton disertai terjemahannya, seperti pada umumnya. Dan ingat, apabila kita ingin menonton film dengan menyewa kaset DVD atau VCD terlebih dahulu cek apakah kaset film yang akan kita tonton itu orisinil atau tidak, karena biasanya kaset film yang tidak orisinil terjemahannya tidak sesuai dengan kaedah yang seharusnya. Menonton film seperti itu dapat membantu kita banyak hal dalam belajar bahasa Inggris, salah satunya yaitu kita mendapatkan banyak kata-kata baru dan sekaligus mengetahui artinya. Serta kita dapat melihat percakapan mereka dan tentunya bagaimana pengucapan setiap kalimat yang sebenarnya. Dan satu lagi keuntungan yang dapat kita peroleh adalah kita bisa belajar tentang berbagai ungkapan yang pada umumnya tidak kita dapatkan di peljaran bahasa Inggris di sekolah. Ketika kita menonton film berusahalah untuk lebih memperhatikan bagaimana cara para pemain berkomunikasi, dan berdialog serta selalu aktif melihat terjemahannya. Apabila kita sudah merasa mampu kita bisa memilih untuk tidak menggunakan terjemahannya, melainkan dengan menggunakan teks bahasa Inggris itu sendiri.
Selanjutnya aktivitas ketiga yang dapat kita praktekan adalah, memasak. Mungkin aktivitas ini hanya dilakukan oleh kaum wanita pada umumnya. Tapi kenapa tidak kita sisipkan belajar didalamnya. Kita dapat memulai dengan memilih sebuah menu masakan dan tuliskan bahan-bahan serta bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Setelah itu terjemahkan semua bahan-bahan dan bumbu-bumbu tersebut kedalam bahasa Inggris. Setelah itu buatlah langkah-langkah cara membuat makanan tersebut dalam bahasa Inggris. Mulai dari langkah pertama hingga masakan kita siap untuk dimakan. Mengaplikasikan bahasa Inggris dalam memasak dapat membantu kita belajar untuk membuat kalimat-kalimat yang berurutan dan berkesinambungan dari kalimat yang satu ke kalimat yang lain.
Aktivitas keempat yang dapat kita aplikasikan dengan belajar bahasa Inggris adalah, bermain permainan. Baik itu permainan di telepon selular kita, atau di komputer. Permainan pada umumnya selalu menyediakan berbagai alternatif bahasa yang dapat kita pilih sebelum kita memulai permainan tersebut. Dan di setiap permainan sudah pasti terdapat alternatif bahasa Inggris. Oleh karena itu kita dapat menggunakan alternatif tersebut dengan menggunakan bahasa inggris dalam permainan yang kita mainkan. Karena mau tidak mau setelah kita memilih menggunakan bahasa Inggris kita harus mengerti setiap instruksi yang ada dalam permainan tersebut, dan tentunya apabila kita tidak mengerti kita akan berusaha mencari artinya. Hingga akhirnya nanti kita akan terbiasa menggunakan bahasa inggris dalam setiap permainan yang kita mainkan.
Aktivitas terakhir yang dapat kita aplikasikan dengan belajar bahasa Inggris adalah, menulis hal-hal yang menarik yang kita alami atau lebih dikenal dengan menulis diary. Menulis diary banyak diakukan oleh remaja zaman sekarang, selain dapat menyalurkan apa yang kita rasakan, menulis diary juga dapat membantu kita mengingat hal-hal menarik yang pernah kita alami di masa lalu. Sangatlah menarik apabila kita mencoba menulis diary dengan menggunakan bahasa Inggris. Kita tidak perlu menggunakan aturan atau kaedah yang baku dalam menulis diary. Kita bisa menulis apa yang kita mau tulis, bebas tanpa aturan, karena kita menulis diary untuk kita sendiri. Seperti dikatakan oleh Tyka (2008:3) bahwa
“ Yang penting rajinlah menulis. Mulai dari 2 minggu sekali, seminggu sekali, dst. Setelah menulis, dibaca lagi, lalu dicek: spelling, tanda baca, grammar, dll. Minta bantuan ke teman yang lebih pintar untuk membaca hasil tulisanmu.”
Walaupun mungkin bahasa Inggris kita masih belum lancar paling tidak kita belajar mengarang dan menuliskan apa yang ada difikiran kita menggunakan bahasa Inggris. Sehingga akhirnya nanti kita sudah terbiasa menulis menggunakan bahasa Inggris.
Dari semua penjelasan yang saya uraikan di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa belajar bahasa Inggris itu mudah, dan tidak sesulit yang kita kira selama ini. Semuanya tergantung dari cara kita mempelajarinya, dan perasaan kita sendiri saat kita mempelajarinya. Apabila kita sisipkan belajar bahasa Inggris dengan hobi kita, pastinya kita akan dengan senang hati mempelajarinya dan membuat kita lebih mudah memahami pelajaran tersebut. Artinya apabila kita menyukai bahasa Inggris, secara tidak langsung kita akan mudah memahami dan akan lebih cepat menguasai bahasa Inggris.


Referensi

Tyka. (2008) . Tips Belajar Bahasa Inggris diluar Kelas. [online].
Tersedia : http :// www. tuguPahlawan.com (29 Oktober 2009 )

oleh :CICI RIKSA WILIYANTI 0902349

Tidak ada komentar:

Posting Komentar