Senin, 04 Januari 2010

MACAM-MACAM TENSES DALAM BAHASA INGGRIS

Dalam tulisan ini saya akan membahas tentang macam-macam dan penggunaan tenses dalam bahasa Inggris. Tenses adalah tata kalimat. Seperti kita ketahui, tenses merupakan hal penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, ataupun dalam penggunaan bahasa Inggris dalam segala hal. Oleh karena itu Saya ingin membahas tentang tenses agar kita lebih paham tentang tenses, sehingga kita tidak keliru dalam mengaplikasikan bahasa Inggris.
Seperti halnya bahasa Indonesia, kita harus memperhatikan penggunaan keterangan waktu dalam membuat kalimat. Apa yang harus kita katakan jika membuat kalimat yang sudah kita kerjakan, yang sedang kita kerjakan, dan yang akan kita kerjakan. Dalam bahasa Inggris, pola kalimat negatif dan positif itu berbeda, ada penambahan kata dalam pola kalimat negatif. Tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia, hanya bahasa Inggris lebih spesifik dalam penggunaan kata.
Baiklah, mari kita mulai membahas mengenai tenses. Tenses adalah tata kalimat, yaitu suatu pola kalimat yang digunakan dalam penyusunan kalimat bahasa Inggris. Tanpa pola kalimat, kita akan sulit membuat kalimat yang benar, dan mungkin akan keliru. Maka kita harus mempelajari pola kalimat yang benar agar mudah membuat kalimat bahasa Inggris.
Tenses terbagi dalam berbagai macam bentuk, ada bentuk lampau, bentuk masa sekarang, dan bentuk masa datang. Dalam tiga macam kategori tenses itu, terbagi pula beberapa pola kalimat yang berbeda. Mari kita bahas satu persatu.
Pertama, tenses yang bentuk lampau, yaitu tenses yang digunakan untuk membuat kalimat mengenai hal yang sudah terjadi, dan kita membicarakannya sekarang. Tense ini ditandai dengan kata past, yang menandakan lampau. Dalam tenses lampau ada beberapa bagian, yaitu simple past tense, past continuous tense, past perfect tense, dan past perfect continuous tens.
Simple Past tense. Polanya S + Verb–2 + O. Penggunaan Simple Past tense adalah untuk menyatakan suatu kegiatan yang terjadi pada suatu titik waktu lampau. Contohnya I walked home after the party last night ( Saya berjalan kaki kerumah setelah pesta malam lalu ( malam kemarin ) ). Jenis pola kalimat ini sering digunakan dalam menceritakan kejadian yang telah terjadi, seperti pengalaman, dongeng, sejarah, atau yang kita lakukan sedetik terakhir. Saya sering menggunakan pola kalimat ini saat saya menceritakan tentang kegiatan atau pengalaman saya.
Past continuous tense. Polanya S + was / were + Verb-ing. Dalam pola kalimat ini digunakan kata kerja berakhiran –ing. Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang sedang berlangsung di waktu lampau saat kegiatan lain menyela, contohnya I was walking home when I met Dave (Saya sedang berjalan ketika Saya bertemu Dave), dan menyatakan dua kegiatan berlangsung bersamaan di waktu yang lampau, contohnya while Kevin was reading book, Karina was watching television (ketika Kevin membaca buku, Karina sedang menonton televise), juga menyatakan suatu tindakan yang berlangsung pada suatu waktu spesifik di masa lampau, contohnya Delia was watching TV at seven o’clock last night (Delia sedang menonton TV pada jam 7 malam kemarin).
Past perfect tense. Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu tindakan / kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan lain di waktu lampau, biasanya ada dua atau lebih kegiatan yang beriringan. Pola kalimatnya adalah S + had + Verb-3. Contohnya when Sarah arrived at the party, Paul had already gone home ( ketika Sarah datang ke pesta, Paul sudah pulang kerumah ).
Selain itu ada juga past perfect continuous tense. Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang dimulai sebelum waktu pembicaraan pada waktu lampau dan berjalan terus sampai waktu itu, atau baru saja selesai/terjadi sebelum orang itu bebicara. Tense ini umumnya menyatakan kegiatan/peristiwa berdurasi di waktu lampau. Pola kalimatnya adalah S + Had + been + V-ing. Contohnya It has been raining for two hours ( sudah terjadi hujan selama dua jam ).
Setelah membahas pola kalimat untuk keterangan lampau, sekarang mari kita bahas tentang pola kalimat yang digunakan untuk masa sekarang atau yang sedang terjadi. Seperti jika kita sedang memasak, sedang menulis, sedang membaca, dan lainnya. Untuk menulisnya dalam bahasa inggris kita harus menggunakan present tense. Tenses ini ditandai dengan kata present. Tenses ini ada berbagai macam, yaitu present simple tense, present continuous tense, present perfect tense, dan present perfect continuous tense. Mari kita pelajari satu persatu.
Simple present tense. Pola kalimat ini digunakanunutk menyatakan suatu kebiasaan atau kegiatan yang terjadi berulang – ulang dan atau terus menerus. Pola kalimatnya adalah S + V-1 + O, V-1 ditambah s/es contohnya I usually go away at weekends ( saya biasanya pergi di akhir minggu ). Pola kalimat ini digunakan jika kita membuat kalimat, misalnyakegiatan yang biasanya kita lakukan, atau berulang, atau masih terjadi. Jika ingin membuat kalimat negatif, tinggal tambahkan kata not setelah to be ( are, am, is ).
Present continuous tense, pola kalimatnya S + is/sre/sm + V-ing + O. Contohnya I’m going to bed now ( saya pergi ke tempat tidur sekarang ). Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang sedang berlangsung sekarang ( Now ) atau sekitar waktu, juga untuk menyatakan suatu kegiatan yang akan terjadi segera. Jika ingin membuat kalimat negatif tinggal tambahkan kata not setelah to be.
Present perfect tense. Polanya S + have/has + V-3, contohnya I’ve just had lunch ( baru saja saya sudah makan ). Pola kalimat ini digunakan jika kita baru saja melakukan sesuatu / menyatakan suatu kegiatan yang sudah rampung/selesai dikerjakan sekarang.
Present perfect continuous tense, pola kalimatnya S + have/has + been + V-ing contohnya It has been raining. Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan pada waktu lampau dan sekarang masih berlangsung dan ada kemungkinan masih akan terus berlangsung.
Terakhir, ada pola kalimat yang digunakan untuk membuat kalimat mengenai hal yang akan terjadi atau yang akan kita lakukan, yaitu future tense. Pola kalimat ini ditandai dengan kata future, yang berarti masa depan.
Future tense ada beberapa macam, yaitu simple future tense, future continuous tense, future perfect tense, dan future perfect continuous tense.
Simple future tense polanya S + shall/will + V1 atau S + is/am/are + going to + V1. Penggunaanya, jika menggunakan shall/will, berarti bentuk yang akan tidak terencana, spontan akan terjadi bilamana suatu kondisi tertentu terpenuhi. Contohnya I shall meet you tomorrow. Jika menggunakan to be going to, berarti bentuk yang sudahterencana atau sudah pasti. Contohnya I will go and shut it
Menurut saya, mempelajari tenses sangat penting karena tenses adalah hal yang utama dalam bahasa Ingris. Tenses digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berinteraksi. Jika kita menguasai tenses, maka kita bisa berinteraksi atau berkomunikasi dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan. Tenses juga sangat penting digunakan saat kita menulis tentang sesuatu, seperti novel, cerpen, atau tulisan-tulisan lainnya. Saat ini, banyak sekali orang yang kurang paham tentang tenses sehingga mereka banyak melakukan kesalahan dalam membuat tulisan dan berkomunikasi. Maka dari itu mulai dari sekarang semua orang harus mempelajari tenses agar lancar dalam berbahasa Inggris.
Begitulah yang Saya ketahui mengenai macam-macam tenses dalam bahasa Inggris. Dan pasti banyak salah dan keliru dalam tulisan Saya ini, oleh karena itu masukkan dari pembaca semua sangat berharga bagi Saya. Terima kasih atas perhatian Anda yang mau menyempatkan waktu membaca tilisan Saya ini.

Referensi

Tim Penulis. 2008. Ngerti Banget. Bandung : Sonny Sugema College.
Raymond Murphy. 1985. English Grammar in Use. New York : Cambridge University Press

oleh: FITRI ANDINI SRIDATUN 0906249

Tidak ada komentar:

Posting Komentar