Senin, 04 Januari 2010

Belajar Bahasa Inggris itu Sangat Mudah

Menurut fakta yang ada, beberapa orang berkata bahwa bahasa Inggris itu sulit. Ternyata tidak! Malas adalah hal utama mengapa kita sulit mempelajari bahasa Inggris. Mereka dari awal sudah memfonis bahwa bahasa Inggris itu sulit, sehingga untuk mempelajari bahasa Inggris pun sulit. Padahal, beberapa orang mempelajari bahasa Inggris dengan singkat. Mengapa? Karena dengan kegiatan sehari-hari, kita bisa mempelajari bahasa Inggris. Dengan musik, kita bisa belajar bahasa Inggris. Dengan latihan yang rutin juga kita mampu untuk mempelajari bahasa Inggris. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha untuk belajar. Satu hal yang pasti, kita tidak selamanya harus belajar dengan adanya guru dan buku . Kita belajar secara alami dengan melihat, mendengar dan mengulang. Yang kita butuhkan adalah keinginan untuk belajar dan lingkungan yang kaya akan pengalaman bahasa.
Dengan membaca, kita dapat cepat mempelajari bahasa Inggris. Namun, tidak hanya dengan membaca, untuk mempelajari bahasa Inggris juga harus diikuti dengan latihan yang rutin. Misalnya, contoh klasiknya yaitu bicara dengan cermin. Kenapa tidak? Tidak ada yang tidak mungkin untuk belajar. Berhadapan dengan cermin adalah salah satu cara bagaimana kita menguasai diri dan cara baik untuk melatih kepercayaan diri di depan orang lain. Selain itu, kita juga bisa belajar bersama teman untuk saling mengintrospeksi masing-masing jika terdapat kesalahan.
Selain membaca, belajar dengan cermin atau belajar dengan teman, kita juga dapat mempelajari bahasa Inggris melalui pendengaran. Banyak orang berkata, paling efektif untuk mempelajari bahasa Inggris adalah melalui musik. Mencari lirik kata bahasa Inggris, setelah itu mencari artinya, dan semakin sering kita melakukannya, semakin banyak kosa kata yang kita punya, dan semakin cepat pula kita mempelajari bahasa Inggris.

Menurut pakar pembelajaran bahasa Inggris, H. Douglas Brown mengemukan prinsip belajar bahasa Inggris yang efektif berikut ini. ”Way of life”, “Total commitment”, “Trying”, “Beyond class activities”, dan “strategies”.
Way of life
Way of life yaitu, apabila kita belajar bahasa Inggris di negeri tempat bahasa tersebut digunakan sebagai Bahasa Ibu, pastinya dengan mudah dan cepat kita akan menguasai bahasa tersebut, karena setiap harinya kita bertemu dan berbicara bahasa Inggris. Dari bangun tidur sampai kembali ke tempat tidur, kita pasti menemukan bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena bahasa Inggris telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Demikian pula yang harus kita lakukan di Indonesia, jika kita ingin belajar bahasa Inggris dengan efektif, kita harus menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Kita harus mencoba menggunakannya setiap hari di manapun kita berada. Untuk itu, kita disarankan membaca, mendengar, ataupun berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris pada setiap kesempatan yang kita temui atau yang bisa kita ciptakan.
Total commitment
Total commitment adalah untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian yang tidak boleh terpisahkan dari hidup kita, kita harus memiliki komitmen untuk melibatkan bahasa Inggris dalam hidup kita secara fisik, secara mental, dan secara emosional. Secara fisik, misalnya kita mencoba dengan mendengar, membaca, menulis, dan melatih pengucapan dalam bahasa Inggris, terus-menerus dan berulang-ulang. Secara mental atau intelektual, kita juga bisa mencoba berpikir dalam bahasa Inggris setiap kali kita ada kesempatan untuk menggunakan bahasa Inggris. Misalnya, dalam memahami bahasa Inggris, jangan kata per kata, tapi arti secara keseluruhan, karena akan menjadi sulit. Kita bisa mencoba mengenali beberapa ungkapan dalam bahasa Inggris yang memiliki arti yang kurang lebih sama, misalnya: How’re you?, How’s life?, How’s business? (jangan terpaku pada satu ungkapan saja). Dan, yang paling penting adalah secara emosional, keterlibatan kita dengan bahasa Inggris tersebut, yaitu kita perlu adalah memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar bahasa Inggris, dan kita perlu mencari "hal-hal positif" yang bisa kita nikmati, ataupun yang bisa memberikan keuntungan kepada kita jika kita mampu dan menguasai bahasa Inggris. Hal-hal ini akan memberikan energi yang luar biasa pada kita untuk tetap bersemangat belajar bahasa Inggris.
Trying
Belajar bahasa tidak hanya membaca dan memahami "buku manual" saja, tetapi kita harus mencoba menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahap pembelajaran, wajar jika kita melakukan kesalahan. Yang terpenting adalah mengetahui apa kesalahan yang kita lakukan dan berusaha untuk memperbaikinya. Mempunyai guru, mungkin sebuah penunjang yang lebih baik untuk kita memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi. Tidak harus guru formal di sekolah atau kursus bahasa Inggris. Guru bisa sebuah kaset yang bisa kita dengarkan dan kita bandingkan dengan ucapan kita, sebuah buku pelajaran yang bisa kita baca dan cek jawabannya, atau bisa juga kenalan, ataupun kerabat yang bisa membantu kita jika kita ada masalah.
Beyond class activities
Jika kita belajar bahasa Inggris secara formal. Belajar di tempat formal tersebut, kita hanya mempunyai waktu tertentu, dan mungkin waktunya sangat sempit. Oleh karena itu, kita harus bisa menciptakan system belajar sendiri. Misalnya, berdiskusi dengan teman, mengunjungi websites yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris gratis, ataupun berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan teman-teman atau native speaker. Kita juga bisa mencoba membaca koran, majalah, buku-buku teks, mendengarkan radio, lagu, ataupun menonton acara-acara dan film yang berbahasa Inggris.
Strategies
Apabila kita berkomitmen, berkeberanian mencoba, dan menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian hidup telah kita terapkan sehari-hari, langkah selanjutnya adalah menerapkan strategi belajar yang tepat untuk menunjang proses belajar kita. Banyak strategi yang bisa kita dapatkan untuk bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah. Strategi tersebut bisa melalui kepribadian dan gaya belajar kita masing-masing. Ada yang lebih mudah belajar dengan menggunakan "cue-cards", yaitu kartu-kartu kecil yang bertuliskan ungkapan atau kata-kata yang ingin kita kuasai disertai dengan contoh kalimat yang bisa menggunakan kata-kata tersebut. Ada pula orang yang lebih mudah belajar dengan langsung berkomunikasi lisan dengan orang lain atau native speakers. Dari komunikasi ini mereka bertanya, mendengar, dan memperbaiki ucapan dan meningkatkan kosa kata mereka dengan gaya belajar kita.

Selain kelima hal tersebut yang di ungkapkan pakar pembelajaran tersebut, saat ini, kita juga bisa belajar bahasa Inggris secara on-line. Banyak orang mempelajari bahasa Inggris secara on-line karena lebih mudah dan lebih mengasyikan. Internet adalah salah satu tempat yang dapat kita manfaatkan untuk mempelajari bahasa Inggris, karena banyak sekali informasi yang dapat kita diperoleh di internet, selain itu ternyata terdapat cukup banyak situs yang memberikan kursus gratis. Sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kursus, biaya yang perlu anda keluarkan hanya dengan biaya akses internet saja. Untuk dapat mengikuti kursus di situs internet, anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Sebenarnya hal ini dapat menghemat biaya, karena materi kursus dapat anda peroleh hanya dengan membuka e-mail. Jika anda mempunyai koneksi internet di rumah, setelah e-mail anda ambil dan masuk ke dalam hard disk anda, maka koneksi internet dapat anda putuskan dan e-mail dapat dibaca secara off line. Bila anda mengambil e-mail lewat warnet, maka untuk menghemat koneksi isi e-mail dapat anda copy ke dalam word dan disimpan di dalam disket atau dapat juga di print. Lebih praktis kan?

Penutup

Jadi, sebenarnya bahasa Inggris itu tidak sesulit yang banyak orang pikirkan. Ternyata, bahasa Inggris memang mudah. Kenapa seperti itu? Karena untuk setiap kesempatan banyak sekali orang menggunakan bahasa Inggris. Karena, di zaman sekarang ini, bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan.
Dimulai dengan mencintai bahasa Inggris, kita akan mudah mempelajarinya. Dengan cinta, kita akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa mempelajari bahasa Inggris dan memperkaya ketatabahasaan kita. Karena diawali dengan cinta pula, kita tidak akan merasa terbebani oleh bahasa Inggris. Kita akan dengan mudah dan cepat mempelajari bahasa Inggris.

Daftar Pustaka

http:// blogspot.com/2009/10/mudahnya-menguasai-bahasa-inggris.html
http://kursusinggris.wordpress.com
http://www.google.com/belajar-bahasa-inggris

oleh : Ika Ratna Mulya 0902347

1 komentar: