Senin, 04 Januari 2010

BELAJAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI INVESTASI

Saat ini penggunaan bahasa Inggris sudahlah tidak asing lagi di telinga kita sebagai bangsa Indonesia. Pasalnya bahasa Inggris telah merupakan bahasa internasional. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan dunia. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Inggris tidak dimulai pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), melainkan dimulai sejak dini. Di taman kanak-kanak pun siswa-siswi telah dikenalkan beberapa kosa kata dalam bahasa Inggris. Dengan begitu diharapkan siswa tidak merasa asing lagi bila mendengar serta menenukan berbagai kata dalam bahasa Inggris.
Dengan belajar berbahasa Inggris tentunya tidak akan merugikan diri anda. Tapi sebaliknya dengan belajar bahasa Inggris akan dapat menambah investasi anda. Berbicara tentang investasi, pada umumnya yang muncul dalam pikiran kita yakni mengenai penanaman modal dalam bentuk uang, saham, serta harta agar dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat. Sama halnya dengan belajar berbahasa Inggris tentunya kita menanamkan modal dalam hal ilmu yang akan dapat kita pakai dan kembangkan di hari depan. Tentunya menguntungkan bukan?
Berbagai keuntungan dari investasi belajar berbahasa Inggris adalah sebagai berikut,
Menunjang studi: bila anda memutuskan untuk melanjutkan studi anda di luar negeri, tentu anda akan diwajibkan untuk dapat berbahasa Inggris dengan baik. Jelas sekali karena anda harus berkomunikasi dengan orang-orang baru yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dunia. Selain itu banyak pula buku-buku literarure yang akan adna gunakan yang sebagian besarnya menggunakan bahasa Inggris. Kesempatan kerja: kebanyakan dari daftar lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai media mensyaratkan pelamar dapat berbahasa Inggris dengan baiok. Bila kita belajar berbahasa Inggris dan telah mampu dalam penggunaannya, tentu kita mempunyai peluang serta nilai plus untuk mendapatkan pekerjaan dalam lowongan tersebut. Menambah teman dari Negara yang berbeda: tentu terbayang di benak kita menambah teman dari Negara yang berbeda tidak memungkinkan jika kita berbicara dalam bahasa nasional. Karena kemungkinan besar merekan tidak akan mengerti apa yang sedang kita bicarakan. Dengan berbahasa Inggris, kita mampu berkomunikasi dengan teman baru dari Negara yang berbeda.
Bila anda dapat berbahasa Inggris, maka anda dapat berbicara dengan lebih dari 1,5 miliar orang di dunia. Satu diantara empat orang di dunia paling tidak sedikit menggunakan bahasa Inggris, dan jumlah yang belajar terus bertambah. Misalnya, di Cina sendiri, jumlah orang yang belajar bahasa Inggris telah melampaui jumlah penduduk Amerika Serikat. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat untuk mempelajari bahasa Inggris semakin meningkat. Bila anda menguasai bahasa Inggris, anda dapat chatting secara online, menulis surat, dan berkeliling dunia menggunakan satu bahasa.
Investasi ilmu kita akan terus bertambah dan diasah secara berkala. Investasi berbahasa Inggris jauh lebih mudah dibanding berinvestasi dalam bidang ilmu lainnya. Karena pembelajaran bahas Inggris tidak perlu banyak membutuhkan kotretan seperti matematika, kimia, fisika,. Sebagian orang belajar berbahasa Inggris secara mandiri melalui dunia maya seperti facebook, pasalnya dalam dunia maya terlebih dalam facebook lebih cenderung menggunakan bahasa Inggris sebagian lainnya mereka belajar dengan mengikutkan diri mereka dalam suatu kelas, privat, dan lainnya yang secara khusus belajar berbahasa Inggris
Tahukah anda bahwa belajar bahasa Inggris adalah belajar yang paling mudah dibanding belajar bahasa yang lainnya? Jelas. Coba anda perhatikan penulisan simple alphabet dalam bahasa Inggris tidak memakai symbol-simbol khusus seperti yang digunakan dalam bahasa Jerman atau Rusia. Alphabet yang digunakan dalam bahasa Inggris sama seperti yang digunakan oleh bahasa nasional kita, bahasa Indonesia. Hanya saja pengucapan dalam bahasa Inggris yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Tata bahasa yang digunakan pun sederhana. Selain itu, kita dapat dengan mudah menemukan kalimat-kalimat yang menggunakan bahasa Inggris, menemukannya di TV, music, website, majalah internasional, film, dan berbagai media komunikasi lainnya. Mempraktekkan bahasa Inggris penting untuk meningkatkan keinginan belajar serta kemahiran berbahasa anda. Dengan mudah pula anda mempraktekannya. Berbincang dengan teman dari Negara berbeda dengan bahasa Inggris dapat membantu proses pembelajaran anda tanpa anda sadari.
Dengan berbahasa Inggris juga anda dapat menambah akses bagi ilmu pengetahuan. Majalah dan surat kabar bahasa Inggris dapat dibeli di setiap belahan dunia. Anda tidak mengalami kesulitan bila mencari Time, Newsweek, atau International Herald; 87% of all pages on the web. Jumlahnya lebih dari 1 milyar halaman informasi. Sungguh menakjubkan bahwa dengan mempelajari basaha Inggris saja, anda bisa mempelajari hampir semua pengetahuan di internet News reports. Nontonlah jaringan televisi internasional, seperti CNN Internasional dan NBC. Siaran berita mereka jauh lebih cepat dan professional, dan anda dapat menontonnya di mana saja di dunia ini. Charles Roring, dalam terjemahannya pada sumber artikel www.antimoon.com menyatakan, “Bahasa Inggris adalah kunci ilmu pengetahuan dunia. Dalam tahun 1997, 95% indeks artikel Citation ditulis dalam bahasa Inggris. Hanya sekitar 50% yang berasal dari Negara berbahasa Inggris seperti USA dan Britain.”
Jelas sudah bahwa berinvestasi ilmu dalam berbahasa Inggris tidaklah merugikan anda. Sebaliknya merupakan hal yang sangat dibutuhkan dan sangat menguntungkan tentunya. Pilihannya ada pada diri anda masing-masing, apakah anda tertarik untuk belajar berbahasa Inggris secara menarik atau dengan memasukkan diri anda dalam suatu kursus atau privat berbahasa Inggris.



Referensi:
www.antimoon.com
http://bahasainggris.net/mengapa-bahasa-inggris.html
Danarti, Dessy. 2008. “50 Games for Fun – Belajar Bahasa Inggris dengan Lebih Menyenangkan”. Penerbit: Andi Publisher

oleh : Yoana Fransisca E. D 0906600

Tidak ada komentar:

Posting Komentar