Senin, 04 Januari 2010

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA (READING SKILLS): APLIKASI PADA KEGIATAN SEHARI-HARI

Seiring dengan semakin dekatnya era globalisasi, mendorong masyarakat kita untuk dapat berkomunikasi dengan seluruh masyarakat di seluruh belahan dunia. Dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional adalah jalan keluarnya. Bukan hal yang mengherankan apabila kebutuhan untuk dapat menguasai bahasa Inggris dewasa ini memang sangat terasa.
Hal ini diperkuat dengan banyaknya perusahaan yang menjadikan kamampuan berbahasa Inggris sebagai salah satu persyaratan utama. Sehingga banyak orang yang mau tidak mau harus dapat berbahasa Inggris dengan baik.
Mempelajari bahasa Inggris memang tidak dapat dikatakan mudah, malah sebagian orang menganggapnya sulit. Dalam mempelajari hal apapun yang terpenting adalah kita memiliki kemauan dan tekad yang kuat untuk menekuninya. Dan kita juga harus memiliki ketertarikan dalam mempelajari apa yang ingin kita kuasai.
Bahasa Inggris memiliki empat spesifikasi keterampilan, yaitu keterampilan membaca (reading skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampilan menulis (writing skills) dan keterampilan mendengarkan (listening skills). Keempat keterampilan inilah yang harus benar-benar dipelajari apabila kita ingin fasih berbahasa Inggris baik dengan bahasa lisan maupun bahasa tulisan.
Dari keempat keterampilan di atas, keterampilan membaca (reading skills) adalah salah satu yang di anggap mudah dikuasai oleh orang-orang. Karena kebanyakan orang berfikir bahwa kita tidak perlu belajar untuk dapat membaca, meskipun yang akan kit abaca itu adalah tulisan dalam bahasa asing karena pada dasarnya kita merasa membaca tulisan dalam bahasa asing tidak ada bedanya dengan membaca tulisan berbahasa Indonesia. Sehingga kita hanya tinggal membaca sebuah tulisan kemudian mengartikannya.
Padahal sesungguhnya banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membaca tulisan dalam bahasa asing. Karena membaca tulisan dalam bahasa asing merupakan keterampilan analitikal. Kita dapat menguasai keterampilan membaca jika kita menggunakan logika kita serta mencermati kalimat.

Manfaat Membaca
Disadari atau tidak, membaca adalah hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Seperti yang telah tertulis di sebuah situs internet, disana dikatakan bahwa:
“Banyak orang pintar dan cerdas disebabkan dari rajin membaca. Membaca juga bisa membuat orang lebih dewasa. Dewasa di sini artinya memiliki pola pikir yang tidak lagi kekanak-kanakan. Dengan membaca, orang bisa memandang setiap permasalahan hidup bukan sebagai beban, namun tantangan yang harus diselesaikan. Permasalahan dalam kehidupan tidak dipandang hanya dari satu sisi, tetapi dari berbagai sisi. Orang yang memandang permasalahan hidup dari berbagai sisi biasanya lebih bijaksana dan arif dalam menjalani kehidupan.”

Begitupun dalam membaca tulisan dalam bahasa asing, selain dapat menambah pengetahuan, juga dapat membantu kita dalam mempelajari bahasa Inggris.

Teknik Membaca Bahasa Inggris
Mempelajari bahasa Inggris tidak cukup jika hanya dengan membaca kata-kata dari kamus lalu menghafalkannya. Yang demikian memang dapat membantu dalam pembendaharaan kata, namun untuk mengasah keterampilan-keterampilan tersebut selain memerlukan pembelajaran juga memerlukan latihan.
Keterampilan membaca adalah kemampuan khusus yang memungkinkan seorang pembaca
• untuk membaca bentuk tertulis sebagai bahasa bermakna
• untuk membaca apa pun yang ditulis dengan kemandirian, pemahaman dan kefasihan, dan
• secara mental berinteraksi dengan pesan.
Keterampilan membaca memungkinkan pembaca untuk mengubah makna dan menulis dalam mencapai tujuan kemerdekaan, pemahaman, dan kefasihan.
Membaca dalam bahasa Inggris adalah seperti membaca dalam bahasa asli kita. Ini berarti bahwa tidak selalu perlu untuk membaca dan memahami masing-masing dan setiap kata dalam bahasa Inggris. Ingatlah bahwa kemampuan membaca dalam bahasa asli dan bahasa Inggris pada dasarnya sama.
Berikut ini adalah gambaran singkat dari empat jenis keterampilan membaca yang digunakan dalam setiap bahasa:
• Skimming
Skimming digunakan untuk segera mengumpulkan informasi yang paling penting, atau 'inti'. Jalankan mata kita di atas teks, mencatat informasi penting. Gunakan skimming untuk mengakses cepat hingga kecepatan pada situasi bisnis saat ini. Itu tidak penting untuk memahami setiap kata ketika membaca sekilas.
• Scanning
Pemindaian digunakan untuk menemukan sepotong informasi tertentu. Jalankan mata atas teks untuk mencari bagian spesifik informasi yang kita butuhkan. Gunakan pemindaian jadwal, rencana pertemuan, dll untuk menemukan rincian spesifik yang kita butuhkan. Jika kita melihat kata-kata atau frasa yang kita tidak mengerti, jangan khawatir ketika melakukan penelusuran.
• Bacaan yang luas
Bacaan yang luas digunakan untuk memperoleh suatu pemahaman umum tentang suatu subjek dan termasuk membaca teks yang lebih panjang untuk kesenangan, serta buku-buku bisnisGunakan kemampuan membaca yang luas untuk meningkatkan pengetahuan umum prosedur bisnisJangan khawatir jika kita mengerti setiap kata.
• Membaca intensif
Membaca intensif digunakan pada teks-teks pendek untuk mengekstrak informasi spesifik. Termasuk sangat dekat akurat untuk detail. Gunakan kemampuan membaca intensif untuk memahami detail dari sebuah situasi tertentu. Dalam hal ini, penting bahwa kita memahami setiap kata, nomor atau fakta.

Aplikasi dengan Kegiatan Sehari-hari
Untuk melatih keterampilan berbahasa Inggris, kita dapat memulai dengan menjadikan bahasa Inggris tersebut menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Karena dengan mengaplikasikannya kedalam kehidupan kita, kita tidak akan merasa berat ataupun terbebani untuk melakukannya.
Begitupun untuk melatih keterampilan membaca. Pertama dibutuhkan kesadaran mengenai manfaat membaca itu sendiri, termasuk membaca tulisan dalam bahasa asing. Kemudian ada motivasi yang mendorong kita untuk terus belajar.
Dalam mengasah keterampilan membaca, jadikan membaca sebagai bagian dari kehidupan kita yang tidak terpisahkan dari keseharian kita. Buatlah kebiasaan membaca secara teratur. Baca banyak buku berbahasa Inggris, koran dan majalah yang dapat kita temukan. Sekali lagi ini seharusnya menyenangkan jadi pastikan teks-teks yang kita pilih tidak terlalu sulit bagi kita.
Untuk mengawalinya coba dengan membaca buku-buku cerita untuk anak-anak, ini dapat membantu kita membiasakan diri membaca buku berbahasa asing. Apabila kita telah mulai terbiasa, kita dapat meningkatkan bacaan kita ke yang lebih sulit seperti koran, majalah ataupun cerita pendek.
Kemampuan membaca teks bahasa Inggris dan kekayaan kosakata merupakan hal yang penting. Di masa sekarang ini, saat komunikasi banyak dilakukan memalui internet dan pesan instan, kemampuan membaca dan memahami dengan tepat sangat dibutuhkan. Sebagai tambahan, kita juga perlu memiliki pengetahuan kosakata yang beragam.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk melatih keterampilan membaca (reading skills), kita dapat memulai dengan mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari, karena dengan demikian akan mempermudah kita untuk membiasakan diri membaca terutama bacaan dalam bahasa asing.

Referensi
http://www.sil.org/lingualink/literacy/referencematerials/glossaryofliteracyterms/whatarereadingskills.htm
http://esl.about.com/od/englishreadingskills/a/readingskills.htm
http://www.englishfirst.co.id/englishfirst/englishstudy/reading.aspx

Risma Rahmawati (0902348)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar