Senin, 04 Januari 2010

Belajar Bahasa Inggris ?

Pesatnya perkembangan dunia global mengharuskan manusia menguasai bahasa asing yang digunakan dalam bahasa komunikasi global, salah satu contoh bahasa asing yang kini menjadi bahasa umum dan bahasa Internasional adalah bahasa Inggris, selain sebagai bahasa Internasional, bahasa Inggris juga merupakan bahasa bisnis, bahasa pengetahuan umum, bahasa ilmu pendidikan yang dipakai di seluruh dunia, oleh karena itu sudah bukan sunnah lagi para pelajar untuk menguasai bahasa Inggris selain agar dapat menunjang pembelajaran sehingga dapat menyusuaikan dengan kondisi zaman yang semakin modern.
Salah satu upaya untuk mendorong hal ini adalah berbagai akreditasi dilakukan guna meningkatkan kualitas institusi pendidikan di Indonesia. Seperti contohnya, sekolah bertaraf Internasional yang sekarang sudah mulai banyak dilakukan oleh sekolah–sekolah di Indonesia, suka atau tidak kita sebagai pelajar diharuskan menguasai bahasa inggris sebagai syarat untuk mendapatkan akreditasi tersebut. Hal itupun diterapkan pada sekolah negri maupun swasta agar dapat mendapatkan akreditasi tersebut.
Cara lainnya yang menunjang penigkatan mutu kualitas bahasa Inggris pelajar Indonesia adalah di buka nya tempat –tempat kursus bahasa dan pelatihan juga tempat bimbingan bahasa yang sudah menjamur di sekitar kita. Banyak cara yang dilakukan orang untuk menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris.
Belajar bahasa Inggris ternyata tidak semudah yang kita bayangkan, butuh konsentrasi dan keseriusan dalam memahaminya. Namun sesungguhnya jika kita sudah menguasainy terasa sangat mengasyikan bisa berbahasa asing yang dalam hal ini adalah bahasa Inggris. Karena dengan memahami bahasa inggris yang merupakan bahasa internasionalkita menjadi lebih percaya diri untuk mencari pengalaman di dunia luar dalam hal apapun khususnya dalam berkomunikasi,misalnya jika kita ingin ke luar negrikita tidak perlu takut dan ragu lagi karena kita sudah menguasai bahasa internasional, jadi tidak akn kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang luar.
Ada beberapa cara mudah yang biasanya digunakan orang dalam belajar bahasa inggris sehingga dapat memahami dan menguasai dengan baik, misalnya dengan mendengarkan lagu barat yang bagus maknanya, bagus tata bahasanya (listening), sering membaca novel berbahasa Inggris, sering membuka kamus (reading), menonton film luar (watching), menulis hal menarik atau moment tertentu, kejadian kecil dan lain-lain dalam bentuk diary atau note (writing) dan mencoba berbicara dengan bahasa Inggris di depan umum (speech), dan masih banyak lagi cara mudah dan mengasikan dalam belajar bahasa Inggris.
Selain beragam cara orang dalam belajar bahasa Inggris tadi kadang kita juga tidak luput dari berbagai kesulitan yang sering kita hadapi saat belajar bahasa Inggris. Misalnya saja, merasa malas yang sering kali dating, keterbatasan vocabulary, kesulitan dalam belajar grammar, kurangnya fasilitas untuk belajar, doktrin-doktrin yang beranggapan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa orang kafir, dan banyak hal lainnya yang menjadi problematika belajar bahasa Inggris. Tetapi itu semua kembali pada diri sendiri, seberapa besar kesadaran kita untuk pentingnya menguasai bahasa Inggris.
Bahasa dalam komunikasi sehari-hari adalah sangat besar peranannya, bahasa menentkan identitas dan kepribadian seseorang. Banyak hal positif yang kita dapatkan jika kita menguasai bahasa yang dipake banyak orang. Selain itu bahasa Inggris merupakan bahasa wajib yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan dalam menerima pegawainya. Jadi rata-rata semua perusahaan mengutamakan para pegawainya untuk lancar berbahsa Inggris yang merupakan bahasa bisnis dan bahasa komunikasi di era global seperti sekarang. Kemudahan lainnya yang bisa kita dapatkanjika kita menguasai bahasa asing adalah kita tidak akan tersesat dimanapun kita berada karena kita bias berkomunikasi dengan orang luar menggunakan bahasa yang umum yang di pakai dalam dunia internasional.
Dari keterangan diatas sekarang kita tau arti pentingnya menguasai bahsa asing yang dalam hal ini adalah bahasa Inggris, karena hal itu akan memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Tunggu apa lagi ayo kita belajar bahasa Inggris, ternyata bahasa Inggris bahsa yang menguntungkan bukan?

oleh : Hani Khaerusdeyani 0906105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar