Senin, 04 Januari 2010

MENGAJARKAN BAHASA INGGRIS PADA ANKAK USIA DINI

Bahasa adalah hal yang sangat penting bagi kita. Di dunia ini ada banyak sekali bahasa. Bahasa nasional di setiap negara biasanya berbeda-beda. Tanpa bahasa kita tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain. Maka dari itu, bahasa bisa menjadi alat komunikasi bagi setiap orang.

Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), ada dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap menusia. Kedua, bahsa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbiter.

Menurut Owen dalam Stiawan (2006:1), menjelaskan definisi bahasa yaitu language can be defined as a sociality shared combinations of those symbols and rule governed combinations of those symbols (bahasa dapat didefinisikan sebagai kode yang diterima secara sosial ataupun sistem konvensional untuk menyampaikan konsep melalui kegunaan simbol-simbol yang dikehendaki dan kombinasi simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan).

Pendapat diatas mirip dengan apa yang diungkapkan oleh Tarigan (1989:4), beliau memberikan dua definisi bahas. Pertama, bahasa adalah suatu sistem yang sistematis, barang kali juga untuk sistem generatif. Kedua, bahasa adalah seperangkat lambang-lambang mana suka atau simbol-simbol arbiter.

Menurut Santoso (1990:1), bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap menusia secara sadar.
Bahasa adalah suatu betuk dan bukan suatu keadaan (language may be form and not amtter) atau sistem lambang bunyi arbiter, atau juga sistem dari sekian banyak sistem-sistem, suatu sistem dari suatu tatanan atau suatu tatanan dala sistem-sistem. Pengertian tersebut dikemukakan oleh Mackey (1086:12).

Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahawa bahasa adalah alat komunikasi dengan sesama dan sangat berguna bagi manusia. Misalnya saja, kita mempunyai bahasa Indonesia untuk alat berkomunikasi bagi sesama orang Indonesia. Dan untuk bahasa internasional, orang-orang menggunakan bahasa Inggris. Itulah sebabnya, bahasa Inggris wajib kita kuasai.

Pada saat ini, bahasa Inggris sudah wajib dipelajari oleh semua orang. Belajar bahasa Ingris sudah dimulai dari tingkat ataman kanak-kanak sampai SMA bahkan perguruan tinggi. Sekarang juga telah banyak kursus-kursus atau bimbel yang mengajarkan bahasa Inggris. Itu membuktikan bahwa bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh semua orang.

McLaughlin dan Genesee menyatakan bahwa “anak-anak lebih cepat memperoleh bahasa tanpa banyak kesukaran dibandingkan dengan orang dewasa”.

Pendapat itu membuktikan bahwa belajar bahasa lebih mudah dipelajari pada masa anak-anakdaripada orang dewasa. Karena pada masa kanak-kanak, mereka mengenal bahasa-bahasa dari orang-orang terdekat mereka.

Demikian pula Eric H. Lennenberg, ahli neurologi, berpendapat bahwa “sebelum masa pubertas, daya pikir (otak) anak lebih lentur. Makanya, ia lebih mudah belajar bahasa. Sedangkan sesudahnya akan makin berkurang dan pencapaiannya pun tidak maksimal”.

Otak anak-anak bagaikan botol yang masih kosong, belum terisi oleh apapun. Jika kita isi dengan pelajaran-pelajaran berbahasa Inggris maka daya serap mereka sangatlah tinggi. Dengan daya pikir seperti itu, anak-anak cenderung lebih mudah mempelajari bahasa Inggris. Apalagi, jika anak itu menyenangi pelajaran bahasa yang kita beri, pastinya anak-anak lebih cepat menguasai bahasa Inggris.

Dr. Bambang Kaswanti Purwo, ketua Program Studi Linguistik Terapan Bahasa Inggris, Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, dalam tulisannya Pengajaran Bahasa Inggris di SD dan SMTP, menyebut bahwa “usia 6 – 12 tahun, merupakan masa emas atau paling ideal untuk belajar bahasa selain bahasa ibu (bahasa pertama). Alasannya, otak anak masih plastis dan lentur”.

Usia anak SD biasa lebih mudah mencerna pelajaran-pelajaran di sekolah, termasuk bahasa Inggris. Anak-anak pada usia itu cenderung mengikuti hal-hal yang mereka sukai. Misalnya saja, pada saat ini sudah banyak acara-acara tv yang mengajarkan bahasa Inggris. Terlebih lagi, banyak acara-acara kartun yang menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Saat ini para orang tua juga sudah banyak yang mengharuskan anak-anaknya untuk mengikuti kursus bahasa Inggris dengan harapan anak-anak mereka biasa menguasai bahasa itu. Sekarag juga telah banyak sekolah-sekolah mulai dari taman kanak-kanak sampai SMA yang berbasis internasional dengan bahsa Inggris sebagai behasa mereka sehari-hari.

Dengan banyaknya pendapat dari para ahli tentang pembelajaran bahasa pada anak-anak, membuktikan bahwa mengajarkan behasa Inggris pada anak-anak lebih mudah daripada mengajarkanya kepada orang dewasa. Meskipun, dalam belajarnya anak—anak lebih suka bermain daripada belajar. Namun, Kita dapat mengajarkan bahasa Inggris dengan cara yang mereka sukai. Misalnya saja dengan menonton tv, sekarang sudah banyak acara-acara tv yang menggunakan bahssa Inggris. Itu dapat menjadi salah satu cara untuk pembelajaran anak. Karena, anak-anak cenderung mengikuti apa-apa yang mereka lihat dan dengar.
Dengan begitu, terlihatlah bahwa menguasai bahasa Inggris itu sangatlah pentng dan sangat berguna bagi kita. Pada saat ini, jika kita tidak dapat berbahasa inggris kita akan susah mendapatkan pekerjaan. Karena syarat yang diajukan perusahaan-perusahaan sekarang adalah dapat berbahasa Inggris.

Terlihat bahwa mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak lebih mudah dikuasai daripada mengajarkannya kepada orang dewas. Maka tidak salah bagi kita jika mengajarkan bahsa Inggris kepada anak-ank dari sekarang. Karena pada usia anak-anak mereka cenderung lebih menguasai dan ingin selalu melakukan hal-hal yang mereka suka. Buatlah bahsa Inggris menjadi hal-hal yang menyenangkan bagi mereka.



REFERENSI


Keraf (2005). Smarapredhipa, [Online]. Tersedia: http://www.google.com
Owen (2006). Stiawan, [Online]. Tersedia: http://www.google.com
Tarigan (1989). [Online]. Tersedia: http://www.google.com
Santoso (1990). [Online]. Tersedia: http://www.google.com
Mackey (1986). [Online]. Tersedia: http://www.google.com
McLaughlin dan Genesee. [Online]. Tersedia: http://www.google.com
Lennenberg, E. H. [Online]. Tersedia: http://www.google.com
Purwo, B. K. [Online]. Tersedia: http://www.google.com




oleh Linta Hayatunisa 0906783

Tidak ada komentar:

Posting Komentar