Senin, 04 Januari 2010

Selain Sebagai Hiburan Film Kartun Berguna Sebagai Apa Sih?

Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang sangat menentukan dalam memperoleh lapangan kerja akhir-akhir ini. Fenomena inilah yang mendasari munculnya berbagai macam kursus Bahasa Inggris di seluruh wilayah Indonesia. Terlepas dari bagaimana sesungguhnya mutu dari kursus-kursus Bahasa Inggris yang ada di Indonesia ini, tersirat suatu keadaan yang memprihatinkan yaitu kurang baiknya mutu hasil pengajaran Bahasa Inggris di sekolah-sekolah. Berdasarkan hasil pengisian kuestioner yang penulis pernah buat pada tahun 1996 untuk tugas kuliah, terdapat beberapa masalah yang, menurut para siswa, menghambat mereka untuk menguasai Bahasa Inggris. Masalah-masalah tersebut adalah:
1. Jarangnya guru berbicara dengan Bahasa Inggris di dalam kelas. Hal ini dirasakan menghambat oleh para siswa karena menurut mereka, mereka jadi tidak terbiasa mendengar orang lain berbahasa Inggris.
2. Pelajaran terlalu ditekankan pada tata bahasa (dan bukan pada percakapan), tetapi siswa jarang diberi arahan mengenai bagaimana dan apa fungsi dari unsur-unsur tata bahasa yang mereka pelajari tersebut.
Berdasarkan hasil kuestioner dan hasil tes pada para siswa, terlihat bahwa rata-rata siswa menguasai pola-pola tata bahasa Inggris (misalnya struktur untuk simple present tense, dan lain-lain) tetapi, SISWA TIDAK MENGETAHUI KAPAN STRUKTUR TERSEBUT HARUS DIGUNAKAN DAN BAGAIMANA PENGAPLIKASIANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Ini merupakan hal yang sangat luar biasa karena Bahasa Inggris, sama halnya seperti Bahasa Indonesia, akan lebih bermanfaat jika dapat digunakan dan diaplikasikan meskipun secara tata bahasa siswa tidak terlalu menguasainya. Bukan berarti bahwa pembelajaran tata bahasa ini tidak penting, tetapi perlu sekali teori-teori tersebut dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
3. Kosa kata yang diajarkan tidak terlalu berguna dalam percakapan sehari-hari. Banyak siswa yang mengeluhkan bahwa kata-kata yang diberikan oleh guru Bahasa Inggris di sekolah terlalu bersifat teknis, misalnya mengenai industrialisasi, reboisasi, dan lain-lain, sementara siswa tetap saja mengalami kesulitan untuk mengartikan kata-kata yang banyak digunakan pada film, majalah, dan situs-situs internet berbahasa Inggris. Bahkan kadang-kadang, siswa sangat hapal istilah-istilah Bahasa Inggris untuk bidang politik (seperti misalnya reformation, globalization, dan lain-lain) tetapi tidak dapat menyebutkan benda-benda yang biasa mereka pakai sehari-hari dalam Bahasa Inggris (misalnya celengan, selokan, dan lain-lain). Beberapa kalangan siswa bahkan mengatakan bahwa dengan kosa kata seperti yang dipelajari di sekolah tidak mungkin siswa dapat memulai percakapan dengan orang asing dengan menggunakan Bahasa Inggris. Mungkin ada benarnya juga, tidak mungkin tentunya kita tiba-tiba mengajak orang yang baru kita kenal untuk mendiskusikan industrialisasi, misalnya.
4. Materi pelajaran Bahasa Inggris di SMP dan SMU tidak berkesinambungan Para siswa menyatakan bahwa sering terjadi pengulangan materi (seperti misalnya tenses) yang telah diajarkan di SMP di tingkatan SMU, tetapi tetap saja fungsi dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari kurang jelas.
Jadi, sebagai seorang guru Bahasa Inggris, apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut? Banyak tentunya, karena diakui atau tidak, gurulah yang memegang kendali dalam pengajaran. Yang jelas, kita tidak boleh hanya menyalahkan pihak pemerintah (yang membuat kurikulum) saja tetapi akan lebih baik jika kita mengintrospeksi diri sendiri dan lebih menggali lagi potensi kita untuk mencari pendekatan yang lebih berhasil dalam mengajarkan Bahasa Inggris pada siswa di sekolah. Terdapat berbagai macam cara dalam Belajar Bahasa Inggris. Seorang teman belajar bahasa inggris cukup dengan menenteng kamus bahasa Inggris kemanapun dia berada, namun hanya dibawa begitu saja. Adapun tetangga belajar bahasa inggris hanya dengan sering bernyanyi dikamar mandi. Adapun yang menggunakan cara belajar bahasa inggris dengan mengunjungi tempat wisata yang memiliki pengunjung orang bule terus melakukan percakapan dengan mereka. Adapun yang belajar dengan bantuan gambar-gambar yang memiliki dwi bahasa. Atau belajar melalui jenjang pendidikan, baik itu kursus pada lembaga bahasa maupun kuliah di jurusan bahasa inggris. Maupun belajar bahasa menggunakan internet gratis tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Bagaimanapun cara belajar bahasa yang anda pergunakan, dan medapatkan hasil terbaik itulah yang lebih penting. Cara jitu belajar bahasa inggris adalah dengan mencoba dan tak mengenal kata bosan "belajar terus sampai lancar". Kita dapat mengganti metode belajar dengan cara satu dengan cara lainnya sehingga dapat hasil memuaskan.
Namun tanpa kita sadari ada cara lebih praktis untuk belajar bahasa inggris dengan cara menonton film kartun berbahasa inggris, karena film kartun sangat dekat dengan anak.. Kartun sendiri berasal dari kata ‘cartoon’ yang artinya adalah cerita lucu. Dulu, film kartun di Indonesia hampir seluruhnya adalah kartun berbahasa inggris namun sekarang film kartun sudah di translitkan menjadi bahasa Indonesia. Film kartun berbahasa inggris yang baku bisa melatih anak untuk belajar bahasa inggris khususnya pada cara pengucapan (pronounciation) dan perbendaharaan kata (vocabulary) dikarenakan film kartun bahasa inggris masih menggunakan bahasa inggris original dan di bawahnya ada terjemahannya. Sebagai contoh film kartun berbahasa inggris adalah tom and jerry, casper, friend dan masih banyak lagi. Dengan seringnya anak menonton film kartun bahasa inggris membiasakan anak mendengar percakapan bahasa inggris fungsinya untuk melatih cara pengucapan (pronounciation). Metode penyampaian pesannya sederhana dan juga variatif, dikemas dalam berbagai cerita yang menarik minat anak-anak. Memberi pemahaman mengenai berbagai hal seperti bentuk, warna, angka-angka, kata-kata, binatang, tumbuh-tumbuhan dan sebagainya.

Contoh pada film kartun Lion King di sana banyak terdapat binatang-binatang sehingga anak bisa mengenal nama-nama binatang dalam bahasa inggris. Dari adanya gerak dan pengucapan anak mampu berimajinasi dan menghubungkan antara gerak dan ucapan sehingga anak mengerti dan memahami tataan bahasa yang mereka liat dan dengar. Di dalam film juga di perkenalkan tataan bahasa yang biasa di gunakan untuk percakapan jadi anak memahami bahasa yang biasa di gunakan untuk percakapan. Karna sesungguhnya tataan percakapan dengan tataan penulisan bahasa inggris sangat berbeda. Film kartun berbahasa inggris dapat melatih anak terbukti pada seorang ibu rumah tangga yang terkejut melihat anaknya dapat berhitung satu sampai sepuluh dalam bahasa inggris setelah di usut ternyata anaknya meniru ucapan dora dan boots yang sering berhitung menggunakn bahasa inggris. Selain itu ada beberapa tips untuk orang tua yang ingin mendidik anaknya untuk mahir belajar bahasa inggris :
1. Jangan mengandalkan kurikulum sekolah
2. Pilihlah guru yang terbaik
3. Buat belajar lebih menyenangkan
4. Bantu di rumah
Karena selera anak bisa berbeda, maka bila kita hendak menonton kartun, libatkan anak untuk memilih acara kartun yang disukainya. Ini tentu dapat dilakukan ketika anak kita sudah mengerti dan cukup umur untuk menentukan pilihannya. Selanjutnya, tugas kita sebagai orang tua adalah menyeleksi kartun yang dipilih anak apakah sesuai dengan usianya dan sesuai dengan metode pembelajaran. Waktu yang paling baik untuk menonton kartun adalah saat pagi hari. Sisihkan 15 menit sampai 20 menit untuk menemaninya karena pada saat inilah daya ingat anak semakin kuat









Daftar Pustaka

tanwir aswar.2008.(online).Tersedia:www.kapanpun.com.
frans.2006.” pembelajaran bahasa inggris di sekolah”.(online).Tersedia:www.kursusinggris.wordpress.com.(28 november 2006)
ikok nyimas.2009.” belajar bahasa inggris dari film kartun”.(online).Tersedia: www.ikoksdk.blogspot.com.(18 agustus 2009)
admin.2008.” Film kartun pun bisa menjadi media pembelajaran “.(online).Tersedia:www.suaramerdeka.com.(14 Februari 2008)
asmar Abdullah.2009.” Dora-diego film kartun mendidik “.(online).Tersedia:www.rumahsejutide.wordpress.com.(2 mei 2009)
admin.2009.” Tips terbaik mendidik anak mahir bahasa asing “.(online).Tersedia:www.tipsanda.com.(21 Juni 2009)


Nurfadilah Tri Astuti (0905993)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar