Senin, 04 Januari 2010

Vocabulary dalam Bahasa Inggris

Di sini saya akan membahas tentang vocabulary dalam bahasa Inggris. Mungkin kita menganggap ini mudah, namun kita tetap harus mempelajarinya agar kita paham dan tidak salah dalam penggunaan vocabulary. Vocabulary atau pembendaharaan kata sudah kita pelajari sejak awal kita belajar bahasa Inggris, dan tentu saja harus kita pelajari lebih dalam. Disini saya akan membahas pengertian vocabulary, macam–macam vocabulary, manfaat, dan cara mempelajari vocabulary. Mari kita mulai membahas tentang vocabulary.

Vocabulary adalah perbendaharaan kata, yang berarti semua kata yang digunakan dalam bahasa Inggris. Kita harus menguasai vocabulary agar kita mudah dalam menggunakan bahasa Inggris, baik itu pembuatan kalimat maupun percakapan. Beberapa kata bahasa Inggris yang kita kuasai, tentu saja mencerminkan apakah kita benar-benar bisa berbahasa Inggris atau hanya bisa sedikit berbahasa Inggris. Kalau orang yang bahasa aslinya adalah bahasa Inggris seperti orang Inggris atau orang Amerika, bisa jadi mereka menguasai semua kata bahasa inggris, karena itulah mereka bisa. Oleh karena itu kita harus mempelajari lebih dalam vocabulary dalam bahasa Inggris karena kita bukan orang Inggris asli.

Vocabulary ada beberapa macam, ada yang produktif dan ada yang tidak produktif. Vocabulary produktif artinya vocabulary yang sering kita gunakan, atau yang sering kita pakai sehari-hari. Sedangkan vocabulary tidak produktif adalah vocabulary yang ada, tetapi jarang digunakan sehari-hari.
Pertama, mari kita bahas tentang vocabulary produktif. Dikatakan produktif karena vocabulary ini selalu dipakai dalam bahasa Inggris. Ciri-ciri vocabulary produktif adalah vocabulary yang sering kita dengar atau tidak asing terdengarnya. Vocabulary produktif juga biasanya mudah untuk dimengerti arti dan maknanya. Untuk menggunakan bahasa Inggris dengan baik, kita harus mempelajari dan memahami vocabulary produktif, tentu saja karena ini adalah vocabulary yang banyak digunakan. Dalam memahami vocabulary yang produktif pasti akan lebih mudah karena sering dipakai dalam kehidupan sehari–hari. Contoh vocabulary yang produktif misalnya angry (marah), contoh dalam kalimat adalah I can be angry when you distub her, atau kata hungry (lapar), sick (sakit), kata ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam pembuatan kalimat ataupun percakapan.

Sekarang mari kita bahas tentang vocabulary tidak produktif. Mengapa dikatakan tidak produktif, karena vocabulary ini jarang dipakai dalam pembuatan kalimat atau percakapan dalam bahasa Inggris. Vocabulary ini kadang sukar untuk dimengerti karena vocabulary ini jarang dipakai dalam kehidupan sehari–hari. Oleh karena itu kita harus mempelajari lebih dalam tentang vocabulary ini agar tidak sulit mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari–hari. Contoh vocabulary tidak produktif adalah kata ruffle (kerut), glaring (cahaya yang menyilaukan, yang menyilaukan). Kata–kata di atas adalah kata yang jarang digunakan dalam percakapan atau kalimat bahasa Inggris.

Kita harus banyak menambah vocabulary kita agar menambah wawasan kita. Vocabulary semakin waktu semakin bertambah dan banyak yang berubah, maka kita harus banyak belajar agar kita menguasai semua vocabulary yang ada.

Cara kita mempelajari vocabulary ada berbagai macam, misalnya dengan menonton TV, membaca berita, membaca novel, atau lainnya.

Dengan menonton TV, banyak acara televisi yang bisa menambah wawasan kita, dalam acara-acara di televisi banyak kosakata-kosakata dalam percakapan ataupun teks berjalan. Nah, disitulah kita bisa belajar vocabulary untuk menambah vocabulary yang kita kuasai.

Selain itu, kita bisa menambah vocabulary kita dengan cara membaca koran atau menonton berita. Pada bacaan dalam koran tentu kita akan mendapati banyak vocabulary, dan tentunya tidak semua kata di dalam situ kita ketahui, maka kita harus melihat kamus dan memahami arti kata itu. Maka vocabulary kita akan bertambah banyak dan luas.

Jika kita suka membaca novel, bacaan dalam novel bisa menjadi media yang sangat baik dalam menunjang pembelajaran kita mengenai vocabulary. Dalam novel tentu banyak vocabulary yang jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, atau seperti yang kita bahas sebelumnya, yaitu vocabulary tidak produktif. Dengan membaca novel dan banyak mendapatkan vocabulary tidak produktif, tentu saja vocabulary kita akan semakin kaya dan kita jadi banyak pengetahuan tentang vocabulary.

Vocabulary memegang pernan penting dalam komunikasi, lebih-lebih secara oral. Diyakini bahwa semakin banyak vocabulary yang dimiliki siswa maka semakin mudah pula mereka mengembangkan empat kemampuan berbahasa, tetapi vocabulary apa yang penting bagi siswa? Dari hasil angket ternyata para siswa mendapatkan penambahan vocabulary, tetapi seperti dugaan penulis, vocabulary yang didapatkan para siswa kemungkinan vocabulary umum, baik yang berkaitan dengan tema Culture and Art maupun kosa kata sehari-hari. Diyakini pula bahwa dengan bertambahnya vocabulary siswa akan menambah baik pula kefasihan berbicara dan menulis. Dan hal tersebut terbukti dalam hasil tes speaking maupun writing bahwa vocabulary siswa sampel dan kelas sampel cenderung mengalami peningkatan.

Jika kita menguasi vocabulary, sudah tentu kita akan mudah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka, belajarlah vocabulary sebanyak mungkin.


Referensi
http://kursusinggris.wordpress.com/2006/11/23/bagaimana-meningkatkan-kosa-kata/



oleh Dany Muhammad Athory Ramdlany (0906137)

1 komentar:

  1. Mohon dijawab...

    Apakah ada pengertian vocabulary menurut para ahli yg berkaitan dengan sinonym dan antonym ?.

    Kalau ada tolong, disebutkan siapa saja ahli yg menyatakan bahwa vocabulary berkaitan dengan sinonym dan antonym ?.

    BalasHapus