Senin, 04 Januari 2010

PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ITU GAMPANG DAN MENYENANGKAN

Pada masa kini pembelajaran Bahasa Inggris menjadi suatu pembelajaran yang sudah dikenal di kalangan masyarakat kita, tetapi lama kelamaan menjadi suatu hal yang biasa yang harus kita terima di karenakan pula perubahan zaman. Tulisan–tulisan di jalan raya, poster–poster ataupun pamplet–pamplet yang pernah kita lihat mulai menggunakan kata atau istilah dari Bahasa Inggris. Ini membuktikan bahwa bahasa inggris telah menjadi suatu hal yang layak ada di kalangan masyarakat kita. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa mulai mempelajari dewasa ini bahkan sudah ada yang mampu mengusainya. Anak–anak kecil belajar sejak dini mulai dari mereka berada di bangku taman kanak–kanak. Mereka diberikan pengenalan terhadap dewasa ini dalam segi visual, audio ataupun audiovisual. Mereka pun mulai belajar atau mengenal mulai dari hal-hal yang terkecil. Ternyata pembelajaran bahasa inggris kini menjadi hal yang mutlak yang di kenal di kalangan masyarakat kita. Pembelajaran bahasa inggris pun kini dikemas sedemikian rupa agar menyenangkan guna pembelajaran bahasa inggris itu menjadi menyenangkan.

Dalam pembelajaran bahasa inggris yang mulai diterapkan di negeri kita pada anak–anak yang bermula dari bangku sekolah menjadi pembelajaran yang wajib mereka pelajari. Ada beberapa pakar bahasa mengatakan bahwa "semakin dini anak belajar bahasa asing, semakin mudah anak menguasai bahasa itu". Misalnya, McLaughlin dan Genesee menyatakan bahwa anak-anak lebih cepat memperoleh bahasa tanpa banyak kesukaran dibandingkan dengan orang dewasa.

Ini membuktikan bahwa pembelajaran bahasa inggris mulai dikenalkan pada anak–anak sejak dini sekali. Mereka diberikan pembelajaran dan pengarahan bagaimana mengenal bahasa inggris yang benar, di mulai dari hal yang terkecil seperti mengenal nama–nama benda yang ada di sekitar mereka.

Dr. Bambang Kaswanti Purwo, ketua Program Studi Linguistik Terapan Bahasa Inggris, Universitas Katolik, Jakarta, dalam tulisannya Pangajaran Bahasa Inggris di SD dan SMTP menyatakan, usia 6-12 tahun merupakan masa emas atau paling ideal untuk belajar bahasa selain bahasa ibu (bahasa pertama). Alasannya, otak anak masih plastis dan lentur, sehingga proses penyerapan bahasa lebih mulus”.

Berdasarkan kutipan di atas berarti bahwa penting sekali belajar bahasa inggris pada usia dini. Pada usia dini daya tangkap seseorang lebih mudah menyerap sesuatu dengan baik. Masa ini harus kita manfaat dengan baik pada anak–anak kita karena pada masa inilah masa yang paling baik untuk pertama mengenalkan bahasa inggris.

Selain itu banyak yang mengatakan bahwa belajar bahasa Inggris itu sulit, padahal pembelajaran bahasa inggris itu mudah dan menyenangkan. Ini tergantung pada motivasi masing-masing atau bisa jadi karena kita tidak punya bakat untuk bisa mempelajarinya secara benar. Tapi sebenarnya belajar bahasa Inggris itu tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan tapi tidak lah mudah juga seperti yang dikatakan.
Terkadang pembelajaran bahasa inggris menemukan beberapa kendala di suatu bagian dan terkadang banyak orang sulit mendapatkan solusi yang tepat untuk masalah-masalah yang mereka hadapi. Ada beberapa masalah beserta solusinya menurut Dr. Bambang Kaswanti Purwo dalam pembelajaran bahasa inggris, seperti :

1. Sulit mengingat kata-kata.
Terkadang kata yang baru saja kita peroleh dengan gampangnya lenyap dari otak kita. Mungkin salah satu faktornya adalah daya konsentrasi kita dan kekuatan menghafal “we are getting older and older”


Solusinya:
Sebelum anda membuka kamus, cobalah dulu untuk menebak kira-kira apa maksud dari kata tersebut sesuai dengan context kalimatnya. Selain tidak disibukan oleh kamus cara ini juga dapat membantu memperkuat ingatan kita. Cobalah membuat sebuah kalimat sederhana (lisan dan tertulis) dari kata-kata yang baru saja kita dapatkan itu, maka cara ini akan membantu dalam penghapalan kata dan menyusun kata secara benar.

2. Pengucapan yang berbeda dari tulisan
Inilah yang selalu dikeluhkan oleh banyak orang. Kita terbiasa dengan pengucapan bahasa inggis tetapi kadang dalam penulisannya. Ini lah yang menjadi kendala mengapa pembelajaran bahasa inggris dianggap sulit, dan terkadang tidak banyak disukai oleh kalangan pelajar.

Solusinya:
Cobalah untuk lebih banyak membuka kamus, karena kamus adalah sumber yang paling tepat untuk menemukan kata-kata yang tidak pernah kita tahu. Selain itu menonton film pun bisa membantu dalam pembelajaran bahasa Inggris. Cara ini sangat membantu untuk belajar bahasa inggris bagi mereka yang suka dengan menonton film karena selain menonton film kita pun dapat menambah kosa kata dan ilmu-ilmu inggris yang lainnya. Bagi mereka yang suka dengan musik, lirik lagu berbahasa Inggris pun dapat membantu pembelajaran bahasa inggris. Mereka bisa lebih banyak mengenal kata-kata bahasa inggris dan fasih dalam pengucapan kata-kata bahasa inggris.

3. Bunyi sama tapi ternyata kata-katanya berbeda
Bunyi sama tetapi ternyata kata-katanya berbeda membuat kadang membuat kita ragu, kata mana yang disebutkan oleh pembicara karena bunyi yang yang disebutkan tersebut kemungkinan berbeda dengan yang kita fahami. Misalanya too, to dan two; whether and weather; hear and here; buy and by; there and their; witch and which; threw and through. Ini akan membuat kita salah memahami apa yang pembicara maksudkan.

Solusinya:
Mungkin bila kita sudah bisa memahami isi atau maksud yang dibicarakan, maka persamaan bunyi tersebut tidak akan jadi masalah bagi kita. Usahakan untuk memahami isi atau maksud pembicaraan, tidak dengan kata per kata tapi secara keseluruhan isi atau maksud yang pembicara katakan.

4. Tidak dapat membedakan kata benda dengan kata kerja atau yang lain
Contoh dari kasus ini misalnya saja ”smoke” itu bisa menjadi kata benda, tetapi bisa juga menjadi kata kerja. Contohnya Smoke on the water (kata benda – dikutip dari grup band Deep Purple, yang artinya asap), lalu ”I smoke everyday” (sudah menjadi kata kerja, dan artinya sudah berbeda) sedangkan kata rokok sendiri dalam bahasa Inggris itu adalah ”cigarette”. Jadi masalah ini sering membuat pelajar salah menyusun kalimat dengan benar.

Solusinya:
Lebih mendalami pelajaran bahasa inggris itu sendiri atau dengan media yang lain yang dianggap lebih menyenangkan dari media pembelajaran sebelumnya dan membuat kita tertarik dalam belajar bahasa inggris.

Jadi dalam pembelajaran bahasa inggris itu, pertama-tama kita harus menyenangi pelajaran ini dahulu karena untuk membuat kita tertarik dalam belajar bahasa inggris. Berbagai cara dalam pembelajaran yang lain pun bisa digunakan sebagai media atraktif yang menyenangkan seperti belajar bahasa inggris dengan menggunakan musik dan lagu yang dapat meningkatkan kemajuan dalam mengusai bahasa inggris. Bila cara-cara itu sudah berhasil kita terapkan maka belajar bahasa inggris pun akan gampang dan menyenangkan.

oleh : ALVIAN SETYO. P 0902335

Tidak ada komentar:

Posting Komentar