Senin, 04 Januari 2010

Solusi Cara Cepat Memahami Bahasa Inggris

Pembelajaran bahasa inggris sejatinya sudah didapatkan semenjak seorang siswa menginjak kelas 4 Sekolah Dasar, walaupun pembelajarannya masih sangat dasar dan bersifat cuma-cuma. Barulah ketika menginjak kelas 6 SD cara pembelajarannya diubah lebih intensif. Menginjak SMP, pembelajaran bahasa inggrispun semakin diperkembang dengan konsep sederhana tentang pemahaman dan penghafalan kosa kata bahasa inggris ditambah dengan konsep dasar berbahasa inggris seperti grammar dan bagaimana membuat kalimat dalam bahasa inggris. Ketika SMA pun pembelajaran bahasa inggris semakin berubah menuju tahap pemantapan dengan menambahkan pengetauan-pengetahuan yang belum pernah didapatkan seorang siswa di SMP. Selain itu pembelajaran yang ditonjolkan dalam tingkat SMA adalah lebih kepada praktek berbicara dan mendengarkan.
Coba kita tengok kembali hal yang terurai di atas, sudah berapa lama kita belajar bahasa inggris dan hampir selurus kriteria belajar bahasa inggris yang baik sudah didapatkan samapi seorang siswa lulus SMA. Tapi apakah hal itu menjamin seseorang bisa berbahasa inggris dengan baik setelah lulus SMA? Sedangkan melihat kenyataan yang ada banyak sekali lulusan SMA tidak bisa berbahasa inggris dengan baik dan lancar. Lalu apakah faktor yang menyebabkan seorang lulusan SMA tidak bisa berbahasa inggris dengan baik dan benar? Apakah mereka benar-benar mendapatkan pembelajaran yang telah tertulis di paragraf atas? Klo iya, lalu hal apakah yang membuat seorang lulusan SMA tidak bisa berbahasa inggris? Dan solusi belajar yang seperti apakah yang dapat membuat mereka menguasai bahasa inggris?

Sebenarnya banyak sekali hal yang menyebabkan kejadian seperti itu. Mungkin dari siswanya sendiri yang memang malas untuk belajar bahasa inggris, dan umumnya para siswa enggan belajar kebahasaan. Tidak hanya bahasa inggris, bahasa mereka sendiripun enggan mereka pelajari. Hal tersebut disebabkan pula oleh kurangnya motivasi seberapa pentingnya bahasa inggris bagi mereka kelak. Mungkin juga seorang lulusan SMA yang tidak bisa berbahasa inggris disebabkan oleh tenaga pengajar yang tidak berkualitas dalam menyampikan materi dan memberikan pengajaran kepada siswanya. Hal ini biasanya terlihat ketika seorang pengajar tidak bisa memahami betul dunia remaja dalam hal belajar di lingkungan sekolah maupun di rumah mereka masing-masing sehingga bisa dikatakan para siswa tidak bisa terkontrol dengan sangat baik meskipun hasrat ingin belajar itu tumbuh dari diri masing-masing.
Sebenarnya mereka telah memperoleh pembelajaran yang telah terurai diatas dalam masa sekolahnya. Akan tetapi sebagian besar siswa tidak bisa memahami suatu pembelajaran sepenuhnya dalam kurun waktu yang sangat singkat dalam pembelajaran di sekolahnya dan mereka kurang memahami betul cara belajar yang efektif ketika mereka berada di rumahnya masing-masing. Artinya suatu pembelajaran di sekolah itu tidak bisa dikatakan sangat efektif, karena waktunya sangat terbatas dan sebagian besar waktu para siswa dihabiskan di lingkungan kaluarga mereka masing-masing.
Berbicara mengenai minat belajar seseorang perlu ada tindakan untuk menumbuhkan minat belajar seorang siswa. Tahap awal untuk itu yaitu dengan cara menyuguhkan para siswa dengan training ESQ yang didalamnya mengandung banyak manfaat tentang tujuan hidup dan agama. Sehingga setidaknya mereka bisa mengerti tujuan hidup mereka dan menentukan jalan hidup mereka tentunya jalan hidup yang terbaik bagi diri mereka. Setelah itu barulah mencari solusi tentang bagaimana cara belajar mandiri yang efektif bagi siswa.
Beberapa strategi cara belajar bahasa inggris yang efektif diantaranya sebagai berikut:
1. Ingatlah bahwa belajar bahasa adalah proses yang bertahap, bukan proses yang terjadi dalam 1×24 jam.
2. Tentukan tujuan belajar Anda. Apa yang ingin Anda pelajari dan mengapa Anda perlu mempelajarinya?
3. Jadikan belajar sebagai kebiasaan. Biasakan belajar hal baru setiap hari. Lebih baik belajar sedikit demi sedikit secara kontinyu, daripada belajar keras dua jam seminggu.
4. Usahakan membaca teks berbahasa Inggris, baik itu koran, majalah, atau teks apapun, atau menonton film atau menyimak berita berbahasa Inggris. Lakukan ini setiap hari atau sesering mungkin.
5. Pilih bahan ajar yang baik. Bagaimanapun, Anda tetap perlu belajar membaca, tata bahasa (grammar), menulis, berbicara, dan menyimak, sebagai satu kesatuan keterampilan berbahasa.
6. Lakukan proses belajar itu secara konstan. Jika Anda belajar bahasa Inggris selama 10 menit setiap hari, bahasa Inggris akan memenuhi memori otak Anda. Jika Anda belajarnya sekali dalam seminggu, jangan harap bahasa itu memenuhi memori otak.
7. Variasikan proses belajar Anda. Sebaiknya lakukan hal berbeda setiap hari agar membantu proses belajar empat bagian keterampilan berbahasa (baca, tulis, simak, bicara). Jangan terpaku pada satu aspek saja.
8. Cari kawan belajar. Belajar bahasa secara berjamaah akan lebih menyenangkan dan memberi motivasi ganda.
9. Pilih materi belajar yang sesuai dengan topic-topik yang Anda minati. Ini akan membuat proses belajar Anda menjadi lebih nikmat, menyenangkan, sehingga lebih efektif.
10. Hubungkan pengetahuan tata bahasa dengan penggunaan keseharian. Belajar tata bahasa suatu bahasa tidak akan otomatis membuat Anda bisa menggunakan bahasa tersebut. Praktekkan secara aktif apa-apa yang sudah dipelajari.
11. Buka mulut! Memahami suatu bahasa tidak berarti mulut Anda akan otomatis bisa berbicara dalam bahasa tersebut. Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris dengan suara yang lantang. Awalnya mungkin akan terdengar aneh, tapi ini sangat efektif untuk proses belajar Anda.
12. Bersabarlah dengan diri sendiri. Ingat bahwa belajar adalah suatu proses. Perlu waktu dan kontinuitas. Anda bukanlah computer yang memiliki tombol on dan off.
13. Cobalah berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Menguasai grammar memang bagus. Tapi bisa berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan orang lain dalam bahasa Inggris, itu lebih bagus dan menyenangkan lagi.
14. Manfaatkan Internet! Internet merupakan sarana belajar bahasa Inggris yang luar biasa lengkap, menyenangkan, dan mudah diakses.
Itulah sedikit tentang bagaimana cara belajar yang efektif. Dengan melakukan cara belajar tersebut diluar pembelajaran sekolah, seorang siswa diharapkan bisa dengan mudah memahami bahasa inggris dan bisa mempraktekkannya.


Referensi
Frans. 2006. Belajar Bahasa Inggris yang Efektif.[on line]. Tersedia : http://pusatpembelajaranbahasainggris.blogspot.com
[29 oktober 2009]


oleh Rizki Maulana Sahab (0902344)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar