Senin, 04 Januari 2010

MANFAAT BELAJAR BAHASA INGGRIS

Hakekat belajar bahasa, pada umumnya adalah belajar berkomunikasi. Karena bahasa adalah media yang paling efektif untuk menyampaikan pesan dan komunikator kepada komunikator. Oleh karena itu, apapun bahasa yang dipakai dalam berkomunikasi, merupakan bagian dari budaya yang sangat penting.
Bahasa Inggris telah diakui sebagai bahasa internasional. Artinya, masyarakat yang berasal dari beragam latar belakang goegrafi, agama dam kultur telah memiliki suatu media yang disepakati untuk berkomunikasi satu sama lainnya, yaitu Bahasa Inggris.
Dengan menguasai Bahasa Inggris secara aktif, kita akan merasa seakan-akan tidak ada lagi batas wilayah negara, tidak ada rasial fanaticsm, dan dengan bangga tentu kita bisa melantunkan satu baris syair The Beatels “And the world will be as one…”.
Konsep berfikir kita selama ini terlalu sempit dalam menyikapi arti belajar Bahasa Inggris sebagai sebagai suatu kegiatan pembelajaran di sekolah dengan tujuan hanya untuk mendapatkan nilai yang standar agar lulus ujian.
Konsep berfikir sempit inilah yang kemudian membuat kita tidak mampu menciptakan rasa nyaman belajar, malas, ngantuk dan rasa lapar seringkali terasa pada jam pelajaran Bahasa Inggris dimulai.
Selain itu, Bahasa Inggris dapat mengantarkan kita kepada hal-hal berikut:
-1-
-2-
Mempercepat kemajuan karir Anda
Kebanyakan bisnis internasional dilakukan dalam bahasa Inggris. Jika Anda menginginkan jabatan managerial di perusahaan multinasional, kemungkinan besar Anda akan dituntut untuk dapat berbahasa Inggris. Sejumlah perusahaan bergengsi bahkan sekarang menetapkan nilai TOEFL minimum bagi para calon pelamar pekerjaan. Dan lagi, bahasa Inggris tidak hanya penting bagi para pelaku bisnis. Dunia teknologi, penerbangan, pariwisata dan diplomatik bergantung erat kepada bahasa Inggris.
Menanyakan jalan di 75 negara
Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi atau paling tidak memiliki kedudukan khusus di 75 negara dan digunakan di lebih dari 100 negara. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional untuk bisnis, olahraga, akademik, ilmu pengetahuan, teknologi, periklanan dan diplomatik. Kuasai bahasa Inggris dan Anda dapat pergi ke mana saja, melakukan apa saja!
Membuka jendela dunia lebih lebar
Banyak buku, majalah dan surat kabar yang hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Banyak pula buku berbahasa asing yang hanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Jika Anda dapat membaca bahasa Inggris, Anda akan memiliki pilihan bacaan yang jauh lebih beragam; sama pula halnya dengan film.
Menaklukkan internet
Anda mungkin berpikir bahwa banyak situs yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tetapi kenyataannya, 80% informasi elektronik hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Sedangkan 20% bagian yang lainnya itu tidak semuanya didominasi oleh bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa asing non-Inggris lain,
-3-
seperti bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Perancis dan sebagainya. Jadi bayangkan hanya berapa persen dari seluruh informasi di internet yang tersaji dalam bahasa Indonesia.
Menjadi ilmuwan
Para peneliti dan ilmuwan di seluruh dunia berkomunikasi satu sama lain dalam bahasa Inggris. Konferensi ilmiah diadakan dalam bahasa Inggris dan hasil-hasil penelitian juga dipublikasikan dalam jurnal berbahasa Inggris. Lebih dari dua pertiga ilmuwan di seluruh dunia membaca dalam bahasa Inggris.
Mengejar kesempatan di luar negeri
Ada ribuan program belajar, bekerja dan sukarelawan di seluruh dunia, tetapi hampir seluruhnya hanya ditawarkan kepada mereka yang menguasai bahasa Inggris. Dunia yang penuh dengan kesempatan terbuka bila Anda berbicara bahasa Inggris.
Inggris jelas merupakan suatu bahasa lisan secara luas, mengacungkan 400.000.000 individu yang berbicara itu sebagai bahasa kedua dan 350.000.000 atau begitu klaim sebagai bahasa ibu mereka. Meskipun angka-angka tidak selalu menyiratkan bahwa dominasi bahasa Inggris atau jumlah pengguna yang tepat, memang, tetapi menggambarkan pentingnya bahasa Inggris di arus utama pertumbuhan universal.
Dengan pemikiran ini, negara-negara Asia juga harus mengambil pijakan dalam meningkatkan keterampilan linguistik siswa mereka, terutama Bahasa Inggris. Penguasaan berbagai bahasa akan mempersiapkan setiap orang untuk menjadi kompetitif secara global.



oleh CAROLINA EKA PUTRI (0905989)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar