Senin, 04 Januari 2010

PLAYSTATION MEMBANTU ANAK BELAJAR BAHASA INGGRIS

Playstation sepertinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat khususnya dikalangan muda-mudi yang kebanyakan para pelajar. Playstation adalah sebuah game elektronik yang menyediakan berbagai jenis permainan yang tentunya digemari semua kalangan. Tidak hanya anak-anak bahkan orang dewasa pun suka bermain playstation. Game yang sudah mendunia ini sering dijadikan sebagai hiburan saat kepenatan datang. Namun sering kali playstation disalah gunakan. Menjamurnya rental playstation menjadikan salah satu penyebab anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain playstation. Mereka seakan tak pernah jemu dengan berbagai game yang menantang. Seakan-akan playstation telah menjadi candu dikehidupannya sehingga mereka menjadi lupa waktu dan enggan untuk belajar. Namun, tahukan anda jika playstation pun memiliki pengaruh positif pada anak. Kebanyakan game-game playstation menggunakan bahasa Inggris dalam pengoprasiannya. Hal ini menyebabkan mau tidak mau setidaknya si pengguna sedikit mengerti dengan petunjuk berbahasa Inggris yang terdapat pada game playstation tersebut. Lama kelamaan mereka menjadi terbiasa dengan kata-kata atau kalimat-kalimat bebahasa Inggris sehingga dapat menambah kosakata (vocabulary) bahasa Inggris yang tidak didapatkan dari pelajaran bahasa Inggris di sekolah.

Memaksa Anak Belajar Bahasa Inggris

“Saya dari kecil sudah mulai menguasai bahasa Inggris karena “terpakasa” mau memainkan game (mayoritas game berbahasa inggris)”. Begitulah yang dikatakan seseorang disebuah situs internet. Ya, memang mau tidak mau para gamer harus mampu berbahasa Inggris. Sedikitnya mereka mengerti sebagian dari kata-kata yang ada pada pada game playstation tersebut. Karena sebagian besar game menggunakan bahasa Inggris dalam pengoperasiannya. Tuntutan mengerti bahasa Inggris dalam bermain playstation menjadikan si pengguna harus belajar memahami kata-kata yang terdapat pada game tersebut. Bagaimana tidak, jika kita tidak mengerti kata-kata yang terdapat pada game playstation maka kita tidak mengetahui petunjuk-petunjuk penting yang harus dilakukan dalam permainan. Awalnya mungkin terpakasa belajar bahasa Inggris, tapi lama kelamaan karena tuntutan permainan akhirnya menjadi hal yang biasa.

Coba kita lihat anak-anak jaman sekarang yang sudah mengenal game palystation. Mereka lebih banyak menyerap kata-kata baru dari game yang mereka mainkan. Bahkan kata-kata tersebut mungkin tingkat kesulitannya cukup tinggi dan jarang ditemukan dalam pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Ini memaksa anak-anak yang gemar bermain playstation lebih banyak menemukan kosakata bahasa Inggris dibandingkan dengan anak-anak yang tidak suka bermain playstation.

Contohnya pada permainan “Harvest Moon”. Pada permainan ini terdapat banyak sekali dialog, keterangan dan petunjuk yang menggunakan bahasa Inggris. Otomatis si anak akan membaca teks bahasa Inggris tersebut dan berusaha memahami maksud dari teks tersebut. Hal-hal semacam ini yang membuat anak secara tidak langsung belajar bahasa Inggris bahkan menjadi terampil berbahasa Inggris. Namun dampak positif ini sering tidak disadari sehingga kurang dimanfaatkan sebagai proses pembelajaran. Malah yang selalu disoroti dari permainan playstation ini adalah dampak negatif yang kerap menjadi dilema bagi para orang tua.

Main Game Sambil Buka Kamus

Seringkali kita menemukan kata-kata bahasa Inggris yang tidak kita kenal dalam permaina playstation. Kata-katanya sulit dimengerti dan tidak familiar. Sementara justru kata-kata itulah yang menjadi petunjuk penting dalam permainan tersebut. Kalau sudah bengini biarkan kamus yang bicara. Untuk lebih memahami arti dari kata-kata itu tentu kita membutuhkan kamus sebagai media translator. Seperti yang diungkapkan oleh Bagus didalam blognya:

“Jika saya tidak bisa mengerti artinya, maka kamus adalah teman setia saya ketika bermain game”. Hmm, boleh juga idenya, bukan? Jika memang tidak mengerti dengan kata-kata petunjuk pada game, cara demikian adalah langkah yang tepat. Kita bisa menemukan arti dari kata-kata bahasa Inggris yang tidak dimengerti lebih akurat lagi. Dari sini kita mempunyai dua keuntungan sekaligus, yaitu bisa menyelesikan game dengan baik dan kita memiliki kosakata baru dari permainan playstation.

Menambah Vocabulary Bahasa Inggris Secara Tidak Langsung

Disadari atau pun tidak, game-game seperti playstation dapat membantu anak dalam menambah kosakata bahasa Inggris atau bisa juga disebut vocabulary. Walaupun playstation banyak memiliki dampak negatif bagi anak, namun palystation pun memiliki dampak positifnya. Selain bisa menambah vocabulary, menurut sumber dari sebuah situs mengungkapkan beberapa dampak positif dari permainan playstation sebagai berikut:

“Dampak positifnya adalah bahwa alat permainan ini dapat mengembangkan kordinasi tangan dan mata, karena permainan dirangsang untuk melihat dan langsung bereaksi dengan langsung menekan tombol-tombol yang tepat. Selain itu beberapa orang percaya bahwa alat permainan ini bisa meningkatkan rentang perhatian dan konsentrasi anak”.

Dalam bermain playstation selain dituntut bisa berbahasa Inggris anak juga dituntut untuk berkonsentrasi dan berfikir secara kreatif. Sehingga anak sering menggunakan logikanya yang menjadikan kecerdasan otak anak bertambah.

Kembali lagi pada topik, bahwa sesungguhnya playstation dapat menambah vocabulary bahasa Inggris secara tidak langsung. Seperti yang dikatakan oleh Aqua pada situs “Yahoo! Answer” berikut ini: “Pengaruh positif playstation dapat melatih vocabulary dan lain-lain yang berhubungan dengan bahasa Inggris”. Hal yang serupa juga di terangkan oleh Bagus dalam blognya: “Karena bahasa yang digunakan dalam game umumnya adalah bahasa Inggris, dan dialog, pengantar, tips, pilihan yang ada memakai bahasa Inggris, sehingga semakin sering kita bermain game, kita secara tidak langsung telah berlatih bahasa inggris”.

Dari kutipan diatas jelas dikatakan bahwa game seperti palystation dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris terutama untuk menambah vocabulary. Hal ini bisa dijadikan solusi pintar untuk melatih anak berbahasa Inggris dengan sesuatu yang menyenangkan. Penemuan kosakata baru atau vocabulary pada playstation sering tidak disadari oleh para penikmat playstation, sehingga mereka jarang mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari. Namun jika ditelaah kembali, penggunaan kata-kata pada playstation yang tingkat kesulitannya cukup tinggi ini jarang ditemui pada pelajaran bahasa Inggris di Sekolah sehingga dapat membantu anak dalam pengembangan keterampilan berbahasa Inggris. Dan tidak mustahil bagi anak yang pandai memanfaatkan situasi, playstation dapat menjadi sarana hiburan sekaligus sarana belajar bahasa Inggris. Ini dapat berpengaruh terhadap nilai bahasa Inggris siswa di Sekolah.

Jadi, sebetulnya segala sesuatu itu memiliki dampak positif dan negatif. Termasuk playstation yang sebagian besar berpendapat bahwa playstation dianggap berpengaruh buruk bagi anak. Namun penulis tetap yakin bahwa jika playstation digunakan dengan benar dan bertanggung jawab maka akan tetap memberikan manfaat kepada anak terutama pada penambahan kosakata (vocabulary) bahasa Inggris, jadi anak boleh-boleh saja suka bermain playstation asalkan dikerjakan setelah selesai belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan demikian playstation tidak membuat prestasi belajar anak di sekolah menurun. Penulis berharap kepada anak-anak untuk bisa membagi waktu seefektif mungkin antara belajar dan bermain playstation, sehingga nilai rata-rata prestasi belajar disekolah tetap baik. Penulis juga mengharapkan permainan playstation dapat menjadi alat pendukung pembelajaran dan penambahan kosakata (vocabulary) bahasa Inggris serta melatih daya ingat dan berfikir pada anak.

Referensi

_______. 2009. “Dampak Buruk Bisnis Rental PS Playstation (Video Game) bagi Anak-Anak Pelajar”. [Online]. Tersedia: http://organisasi.org/dampak-buruk-bisnis-rental-ps-playstation-video-game-bagi-anak-anak-pelajar. [28 Oktober 2009].

______. 2009. Tanya Jawab Implikasi Permainan Playstation terhadap Agresivitas pada Siswa Sekolah Dasar di Yogyakarta. [Online]. Tersedia: http://www.skripsi-tesis.com/07/27/tanya-jawab-implikasi-permainan-play-station-terhadap-agresifitas-pada-siswa-sekolah-dasar-di-yogyakarta-pdf-doc.htm. [27 Oktober 2009].

Tersedia:http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090315220859aabhtk5. [27 Oktober 2009].

Bagus. 2009. “Manfaat Playstation”. [Online]. Tersedia: http://bagusbtkj1.blogspot.com. [28 Oktober 2009].



oleh Trinne Anggita AP (0906726)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar