Rabu, 06 Januari 2010

Daya Tarik Speaking dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris tidak dapat dipungkiri telah menjamur disetiap belahan dunia dan menjadi bahasa yang universal karena digunakan oleh hampir diseluruh negara, bahkan di beberapa negara telah menjadi bahasa yang utama atau telah menjadi bahasa baku yang biasa digunakan dalam keseharian baik dalam pemerintahan, sosial, formal dan lainnya. Selain itu bahasa inggris juga telah menjadi bahasa kedua setelah bahasa kenegaraan pada masing-masing Negara seperti di Indonesia.
Arus globalisasi yang tidak terelekan lagi membuat kita mau tidak mau akan tetap menghadapinya. Tentu dengan komunikasi semua dapat terjalin sehingga ada hubungan timbal balik atau interaksi. Seperti yang utarakan oleh lexicographer (ahli kamus bahasa), komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya. Sehingga pihak-pihak yang melakukan interaksi akan mendapat manfaat yang tidak hanya dirasakan oleh satu belah pihak. Selain itu juga komunikasi membuat kita tidak menjadi bangsa yang terisolir dengan bangsa lainnya karena factor informasi dapat dicerna dengan baik oleh bangsa Indonesia.
Bahasa inggris tentunya memiliki dasar-dasar yang perlu dipahami diantaranya adalah keahlian menulis (writing), membaca (reading), mendengar (listening) dan berbicara (speaking), Point terakhir adalah yang akan penulis bahas dalam artikel ilmiah ini. Hampir semua orang pernah mengalami empat skill atau keahlian dasar yang dipelajari dalam bangku sekolah dari sekolah dasar bahkan tingkat taman kanak-kanak sampai bangku perkuliahan pun kita akan tetap menggunakan bahasa inggris, lebih jauh lagi bila kita melihat kedepan . Profesi-profesi kelak yang akan kita sandang akan tetap menggunakannya sehingga tidak ada alas an mengapa kita tidak mempelajarai nya dengan sungguh-sungguh. Tentu tidak semua orang yang memiliki ketertarikan yang sama dalam dalam aspek-aspek bahasa inggris ini, bagi orang yang senang mendengarkan musik atau menonton film mereka memiliki ketertarikan pada skill listening, bila orang yang tertarik dalam menulis dan membaca tulisan berbahasa inggris maka ketertarikannya ada pada skill writing dan reading. Dan yang terakhir adalah skill speaking atau keahlian berbicara.
Semua skill atau keahlian yang diajarkan dalam bangku sekolah tentu melalui pembicaraan, jadi penulis beranggapan bahwa skill speaking adalah skill yang paling dominan dari semua skill bahasa inggris. Anda tidak akan bias mempelajari semua skill dalam bahasa inggris tanpa ada seseorang yang menjelaskan kepada anda bagaimana memahaminya dan itulah yang membuat faktor speaking menjadi ujung tombak dalam keberhasilan ataupun kesuksesan memahami skill-skill dasar berbahasa inggris.
Pengertian Speaking
Speaking dapat diartikan berbicara, karena menggunakan bahasa inggris tentu berbicara dengan bahasa inggris yang dimaksud. Tetapi dalam asal kata speaking berasal dari kata speak. Seperti yang dikutip dari www.kamus.landak.com speak is to express opinions; to say; to converse.
Jadi speak disini adalah cara mengeluarkan atau mengekspresikan pendapat, perkataan yang kita ingin utarakan. Itulah pengertian speaking secara sederhana dan asal kata dari speaking, tetapi dalam arti luas speaking memiliki cangkupan yang cukup besar dalam kehidupan kita. Seharinya banyak orang-orang didunia ini yang mengeluarkan pendapatnya sehingga kita dapat menyimak, menyimpulkan dan juga mengambil sikap dari apa yang mereka utarakan. Seperti yang baru-baru ini kian ramai diberitakan dalam kejadian mesjid al-aqso di Yerusalem. Seorang ulama arab berpendapat agar seluruh warga arab dan islam dan tentunya bertindak dalam masalah ini, disinilah peran speaking mengambil andil dalam pengutaraan dari seorang ulama arab tersebut dan warga islam dan arab sedunia mengambil sikap tentang apa yang akan mereka lakukan.
Tantangan dalam Speaking
Bukan speaking tentunya bila tidak memiliki daya tarik, disamping kita bisa melakukan interaksi dengan masyarakat dunia luas kita mendapat tantangan dalam melakukannya karena dalam speaking kita seolah melakukan penerjemahan dalam melakukannya yang secara tidak langsung membuat otak kita bekerja dua kali. Pertama ketika kita memikirkan kata-kata dalam berbahasa Indonesia lalu memindahkannya ke dalam bahasa inggris, seperti sulit sebelumnya tetapi setelah di amati banyak orang yang bisa lancer dalam berbahasa inggris karena sudah terbiasa. Dan semakin memperkuat anggapan dari para ahli bahwa practice make it perfect atau bisa karena terbiasa.
Mungkin Sebelumnya kita tidak melakukannya karena bahasa-bahasa yang kita pahami sebelumnya yaitu bahasa Indonesia dan sunda telah kita pahami sebelumnya sehingga kita tidak mengalami kesulitan dalam hal ini, tetapi dalam hal speaking kita harus terampil dalam menggunakan kosakata dan tata cara menggunakannya yang tentunya seperti dalam kasus anda diberikan pertanyaan lalu anda mempersiapkannya terlebih dahulu dalam tahap persiapannya dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar itu akan memakan waktu lalu kita memindahkannya atau mentranslatenya kedalam bahasa inggris yang tentu dalam pola yang benar, dengan demikian otak kita akan bekerja dua kali. Tetapi berbeda bila kita langsung memikirkan kalimat-kaliamat dalam bahasa inggris, kita dapat tetap berbicara tanpa memakan waktu lama atau menghilangkan kesempatan kita untuk berbicara.
Fakta lain yang juga terdapat pada speaking adalah kepercayaan diri, bagaimana kepercayaan diri anda dipertaruhkan, karena dalam speaking kita harus memiliki banyak latihan agar bahasa inggris kita baik. Dan dalam speaking kita memiliki kesempatan untuk berbicara didepan orang banyak dalam berbahasa inggris. Bila kita tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup sehingga kita memilih untuk tidak mencobanya bukan tidak mungkin kemampuan speaking kita akan diam ditempat.
Manfaat speaking
Bukanlah suatu daya tarik yang tidak menyajikan suatu manfaat, selain yang sempat disinggung sebelumnya bahwa speaking memiliki dampak kepada kepercayaan diri seseorang, lalu speaking sendiri dalam konteks bahasa inggris merupakan satu dari faktor terpenting dalam pengembangan skill-skill bahasa inggris lainnya. Dalam speaking bisa semua berujung pada speaking dan juga berdasar dari speaking. Anda belajar writing atau menguasai berbagai jenis tenses sehingga ketika anda berbicara, grammar anda maupun pemilihan kosakata anda tidak salah, lalu dalam listening bila anda mendengar
Sesuatu berbahasa inggris, anda setidaknya bisa mengucapkannya kembali. Dan dalam reading, bila anda membacanya tentu akan menjadi speaking juga, sebagai contoh dalam pembaca berita. Demikian mengapa speaking bisa menjadi daya tarik.

Refrensi: www.meiliemma.wordpress.com
belajarbahasainggrismandiri.blogspot.com
www.kamus.landak.com

Oleh: Buki Natariandi 0906717

Tidak ada komentar:

Posting Komentar