Kamis, 07 Januari 2010

Musik Asik, Bahasa Inggris Menarik Adakah Cara Lain?

Dewasa ini, bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat penting dipelajari guna kehidupan kelak. Kemahiran berbahasa Inggris bukan lagi menjadi keharusan, namun telah berubah menjadi suatu kebutuhan. Era globalisasi telah memaksa kita untuk lihai dalam berbahasa Inggris, karena hampir seluruh aspek kini memakai bahasa tersebut. Tidak hanya di sekolah, kemahiran berbahasa Inggris juga menjadi perhitungan saat kita memasuki jenjang perguruan tinggi atau melamar pekerjaan. Kemahiran berbahasa Inggris akan menjadi sesuatu yang sangat diperhitungkan. Namun, selalu saja ada kendala dalam mempelajari bahasa Inggris. Hal ini mengakibatkan banyaknya orang yang mengeluh dan mulai malas untuk mempelajarinya.
Banyaknya kendala dalam mempelajari bahasa Inggris seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak belajar, karena di zaman modern ini telah banyak cara mudah untuk mempelajari bahasa Inggris. Cara-cara tersebut dapat dengan mudah kita temui dan dapatkan. Diantaranya dengan mengikuti bimbel, kursus, privat, dll. Namun bila jalan tersebut masih menjadi suatu kendala dalam mempelajari bahasa Inggris, ada cara yang mudah, hemat, dan praktis bagi orang-orang yang ingin mempelajari bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh. Salahsatunya dengan cara mendengarkan musik atau lagu dengan lirik bahasa Inggris.
Musik atau lagu berbahasa Inggris akan lebih mempermudah kita dalam mempelajari bahasa Inggris, karena dengan mendengarkan lagu dengan lirik tersebut, maka kita akan dapat mengetahui bagaimana cara pengucapan kosa kata dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Selain itu, cara tersebut juga dapat melatih kemampuan mendengar kita, melafalkan bahasa Inggris, sekaligus memperluas kosa kata bahasa Inggris.
Ketika mendengarkan lagu berbahasa Inggris, mungkin kita menemukan kendala dalam memahami isi lagu tersebut, lalu terbersitlah dalam benak kita keinginan untuk memahaminya, maka secara otomatis hal tersebut mendorong kita untuk berusaha menemukan arti dan maknanya dengan mencari arti lirik-lirik tersebut dalam kamus.
Seperti dikatakan oleh Fius Batusangkar dalam catatan di dalam facebooknya,
“Bagi anda yang music mania, don’t worry, be happy. Musik pun bisa menjadi salah satu sarana yang OK buat belajar bahasa Inggris. Selain dapat menikmati syair dan lirik lagu favoritmu, Anda juga bisa lebih melatih kemampuan untuk mendengar, melafal, serta memperluas kosakata.”

Belajar bahasa Inggris dengan cara mendengarkan musik berbahasa Inggris mungkin sangat mengasikkan bagi kita penggemar musik. Selain tidak perlu mengeluarkan uang banyak, layaknya belajar di bimbel, privat, atau kursus-kursus lainnya, juga dapat dilakukan di mana saja kita inginkan. Kapan saja dan di mana saja. Namun bagaimanakah dengan orang yang tidak begitu menyukai musik? Adakah jalan semudah itu?
Pertanyaan tersebut mungkin menjadi suatu hambatan kembali bagi sebagian orang untuk mempelajari bahasa Inggris. Namun jangan khawatir. Banyak jalan menuju Roma. Jika kita mempunyai kemauan untuk belajar, tentu ada jalan untuk meraihnya.
Belajar bahasa Inggris dengan mudah dan praktis tentu bukan hanya dengan cara mendengarkan musik. Bagi orang yang tidak begitu menyukai musik, tentu masih banyak cara yang mudah dan praktis untuk mempelajari bahasa tersebut, diantaranya dengan membaca majalah, koran, dan cerita-cerita berbahasa Inggris. Dengan membaca majalah, koran, maupun cerita-cerita dengan bahasa Inggris, selain dapat memperluas pengetahuan kita, maka kita juga akan dapat memperkaya wawasan kita akan bahasa Inggris. Namun hendaknya teks yang hendak dibaca juga harus sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris yang dikuasai. Teks yang terlalu mudah cenderung tidak meningkatkan pengetahuan kita akan bahasa Inggris. Sebaliknya, teks yang tingkat kesulitannya tinggi akan membuat kita menjadi frustasi, stres, dan cenderung mematahkan semangat untuk kembali belajar. Dengan demikian, teks yang akan dibaca hendaknya disesuaikan dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Bagi pemula, hendaknya membaca teks-teks dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah dengan kosakata-kosakata sederhana dan mudah untuk dimerngerti. Begitupun dengan orang-orang yang telah memiliki cukup ilmu dalam bahasa Inggris, hendaknya teks-teks yang dibaca pun sepadan dengan kemampuan yang telah dikuasai. Maka dengan hal tersebut, membaca teks-teks bahasa Inggris akan menambah wawasan anda tentang kosakata, struktur, serta ekspresi-ekspresi yang terkandung di dalamnya.
Bagi anda yang senang bergaul dengan banyak orang, belajar bahasa Inggris mungkin akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dengan cara membuat club-club bahasa Inggris. Dengan club tersebut, maka anda dapat saling bertukar ilmu akan bahasa Inggris dan lebih mempermudah anda untuk mempelajari hal-hal yang belum anda kuasai dan ketahui. Anggota-anggota dari club bahasa Inggris yang anda miliki akan senantiasa membantu anda untuk mempelajari bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga dapat menjadi partner untuk berdialog dalam bahasa Inggris. Maka dengan begitu, kemampuan pelafalan dan pengucapan kosakata bahasa Inggris pun akan semakin terlatih. Dan dengan terbiasanya berbicara dengan bahasa Inggris, maka akan lebih meningkatkan kualitas bahasa Inggris yang anda miliki.
Bahasa Inggris akan terasa lebih menarik dengan melakukan cara tersebut karena kita akan merasa lebih puas jika telah mendapatkan semua arti dari lirik tersebut dan mulai memahaminya. Maka secara tidak langsung, penguasaan kosa kata dalam bahasa Inggris pun menjadi bertambah. Melakukan hal tersebut tidak perlu mengeluarkan banyak uang seperti untuk belajar di bimbel atau yang lainnya, dan akan terasa sangat praktis karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja kita inginkan.
Bagi anda yang mempunyai kegemaran mendengarkan musik atau bernyanyi, maka anda akan mendapatkan keuntungan berlipat. Selain untuk menyalurkan hobi anda dalam bidang bermusik, anda juga dapat menambah wawasan dan kemahiran dalam berbahasa Inggris. Lebih baik lagi jika anda dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena ilmu akan menjadi sangat bermanfaat dan tidak mudah terlupakan jika kita dapat mengamalkannya dalam keseharian kita.
Mari belajar bahasa Inggris dengan cara unik! Sambil menyalurkan hobi-hobi yang kita miliki! Mudah, hemat, praktis, dan sangat bermanfaat. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang atau sibuk mengikuti bimbel dan lainnya. Hanya cukup dengan mendengarkan musik dan bersantai, menonton film dan acara-acara berbahasa Inggris sambil makan snack, membaca koran, majalah, atau teks berbahasa Inggris, dengan secangkir kopi hangat, atau hanya dengan berkumpul bersama teman-teman dan bertukar ilmu seputar bahasa Inggris disertai dengan percakapan yang dilakukan dengan bahasa Inggris. Ilmu pun akan kita dapat sedikit demi sedikit. Selain itu, dengan hal tersebut kita juga akan mendapatkan keseimbangan antara otak kiri dengan otak kanan. Oleh karena itu, musik asik, bahasa Inggris menarik! Dan banyak cara lain!



Referensi:

Batusangkar, Fius. 2009. “Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris”. [online]. Tersedia:
http: //www.google.com. [20 Oktober 2009].

oleh : Listya Maryanti 0902359

Tidak ada komentar:

Posting Komentar