Senin, 04 Januari 2010

FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

TEKNOLOGI SEBAGAI PEMERAN UTAMA
Memasuki era globalisasi yang identik dengan istilah modernisasi, semua aspek kehidupan menunjukkan geliat perubahan. Perubahan mengikuti perkembangan teknologi yang ditawarkan oleh era globalisasi. Teknologi adalah salah satu “penawaran” yang sangat menggiurkan karena globalisasi, yang notabene adalah suatu proses pembaharuan yang mencakup semua aspek kehidupan, menggunakan teknologi sebagai media utama. Teknologi sebagai media utama, memegang peranan penting dalam setiap perkembangan.
Drs. Daryanto ( 2009:78) menyatakan, sejalan dengan kemajuan teknologi jaringan dan perkembangan internet, hal ini memungkinkan penerapan teknologi di berbagai bidang, termasuk di bidang dan pelatihan.
Berdasarkan kutipan di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi juga memegang peranan dalam bidang pendidikan. Pendidikan yang cakupan nya sangat luas. Berbagai bidang studi yang berhubungan dengan peningkatan pendidikan membutuhkan teknologi.

PERKEMBANGAN BAHASA INGGRIS DI ERA GLOBALISASI
Salah satu bidang studi yang mengalami perkembangan teknologi adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris dijadikan sebagai salah satu bidang studi di sekolah-sekolah, universitas-universitas dan instansi-instansi. Penggunaan bahasa Inggris menjadi suatu keharusan dalam menghadapi perkembangan teknologi karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang selalu dijadikan pengantar komunikasi baik secara lisan maupun tulisan.

Penggunaan bahasa Inggris terus berkembang. Berbagai cara dilakukan agar setiap orang bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Setiap orang memiliki cara-cara tersendiri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Cara-cara yang biasa mereka gunakan diantaranya:
1. Mencerna semua pelajaran bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah-sekolah, universitas-universitas maupun instansi-instansi.
2. Mengikuti kursus bahasa Inggris yang banyak ditawarkan oleh lembaga-lembaga kursus bahasa Inggris.
3. Membaca novel-novel berbahasa Inggris.
4. Menonton film-film berbahasa Inggris.
Contoh-contoh di atas hanya sebagian cara yang dilakukan oleh banyak orang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Padahal pada kenyataannya cara-cara yang mereka lakukan kurang efektif bagi sebagian orang. Mereka terlalu terpaku pada aturan-aturan penggunaan bahasa Inggris yang benar. Aturan-aturan seperti grammar, tenses dan pronunciation. Semua aturan itu membuat mereka tidak bisa menggali potensi yang lebih dalam untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS
Banyak cara yang lebih modern dan lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Cara-cara itu disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang sudah dibahas di awal paragraf. Salah satu cara yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini adalah melalui jejaring sosial. Jejaring sosial yang belakangan sangat populer dalam kehidupan masyarakat ternyata mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.
Salah satu jejaring sosial yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris adalah Facebook. Facebook adalah jejaring sosial yang dibuat oleh mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zuckerberg. Saat ini, pengguna Facebook di dunia mencapai 90 juta orang. Facebook menawarkan berbagai fasilitas kepada para penggunanya. Mufli, dalam blognya menyatakan bahwa untuk cepat bisa bahasa Inggris kita memang bisa menggunakan Jurus Tarzan, bisa juga menggunakan strategi Law of Attraction. Salah satu media yang menurut yang menurut saya paling interaktif untuk belajar tersebut ada di Facebook.

GROUP AJANG PRAKTIK BAHASA INGGRIS
Salah satu fasilitas itu adalah Group. Group adalah salah satu fasilitas berupa grup yang menawarkan kepada para pengguna Facebook untuk bergabung dalam suatu komunitas tertentu untuk saling berbagi informasi, bertukar pendapat dan belajar mengenai suatu bidang studi tertentu.
Banyak Group dalam Facebook yang bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Cara-cara yang digunakan dalam Group ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris diantaranya:
1. Diskusi antaranggota yang masuk dalam grup tentang peningkatan kemampuan berbahasa Inggris. Diskusi ini akan sangat menarik karena setiap anggota bebas mengeluarkan pendapat ataupun mempraktikkan sejauh mana kemampuan berbahasa Inggrisnya. Berbeda dengan cara yang diajarkan di tempat-tempat kursus, dalam grup ini setiap orang bisa menilai langsung kemampuan berbahasa Inggris dan memberikan informasi-informasi yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris.
2. Chatting antaranggota. Chatting merupakan cara berkomunikasi melalui jaringan internet tanpa harus face to face, artinya dimanapun kita berada kita tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain yang jauh dari tempat kita berada. Kelebihan chatting dalam peranannya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah kita bisa berkomunikasi langsung dengan orang-orang luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Dengan cara itu, kita bisa mengekspresikan kemampuan berbahasa Inggris kita dan bisa langsung bertanya apabila ada hal yang kurang mengerti.
3. Sistem belajar online bahasa Inggris. Sistem ini adalah sarana belajar yang menyenangkan karena tanpa harus pergi kemana-mana, hanya duduk di depan komputer atau laptop, kita bisa belajar banyak hal tentang bahasa Inggris. Semua jenis pembelajaran tentang bahasa Inggris tersedia dengan lengkap, mulai dari reading, listening, sampai speaking.
Berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh Facebook ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Faktanya adalah 7 dari 10 orang mengakui bahwa kemampuan berbahasa Inggris mereka meningkat setelah bergabung dalam Group yang memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris.

BELAJAR BAHASA INGGRIS ITU MENYENANGKAN
Belajar bahasa Inggris tidak sesulit yang dibayangkan. Belajar bahasa Inggris tidak berarti kita harus selalu terpaku hanya pada pendidikan formal seperti yang diajarkan di sekolah ataupun tempat kursus. Belajar bahasa Inggris akan sangat mudah apabila kita tahu cara yang tepat dan cocok dengan karakter diri kita. Pembelajaran bahasa Inggris melalui sistem online Facebook adalah cara yang inovatif untuk dikembangkan, meskipun sistem ini bukan merupakan sistem formal, akan tetapi memberikan efek yang bagus dalam peningkatan berbahasa Inggris.



REFERENSI
Daryanto, Drs. 2009. Membuat Situs & Blog Sederhana. Yogyakarta: Cakrawala
Mufli. 2009. “Belajar Bahasa Inggris Lebih Interaktif Di Facebook”. [online]. Tersedia:http//bahasainggris.net/belajar-bahasa-inggris-lebih-interaktif-di-facebook.com. [22 Oktober 2009].

oleh : TIARA CITA MAHARANI 0908877

Tidak ada komentar:

Posting Komentar